KKSB Penyandera Guru di Arwanop Serang Pasukan Brimob, 1 Anggota Tewas

Saiman - detikNews
Sabtu, 29 Feb 2020 08:21 WIB
Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata (Saiman/detikcom)
Foto: Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata (Saiman/detikcom)
Mimika -

Baku tembak antara pasukan Brimob dengan kelompok kriminal sipil bersenjata (KKSB) terjadi di Opitawak, Papua. Akibatnya, satu anggota Brimob tewas.

Peristiwa itu terjadi pada pukul 15.52 WIT, Jumat (28/2) kemarin. Mulanya, terjadi baku tembak di area Jipabera, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua. Satu anggota yang tewas yakni Bharada Doni Priyanto, anggota Organik Bataliyon A Resimen III Korp Brimob Polri.

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, pelaku penyerangan merupakan para pelaku penyanderaan tiga guru di Arwanop. Dia mengungkapkan, pelaku penyerangan terhadap satuan tugas pengamanan wilayah Tembagapura itu diduga kuat pelakunya adalah kelompok Guspi Waker.

"Iya pelakunya mereka-mereka, para pelaku penyandera guru, kurang lebih 50an orang, pimpinan Guspi Waker," kata Era.

Sebelumnya, tiga guru SD Baluni di Arwanop disandera kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) Arwanop. Namun, ketiganya telah dibebaskan oleh tokoh adat dan tokoh agama Kampung Arwanop Distrik Tembagapura, Mimika, Papua.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan ketiga guru SD itu disandera pada Selasa (18/2) lalu. Ketiganya disandera selama dua hari di balai desa. Setelah dibebaskan, ketiganya dievakuasi ke Timika. Saat ini ketiga guru saat ini menjalani trauma healing.

Simak juga video saat 3 TNI Gugur dalam Baku Tembak dengan KKSB:

[Gambas:Video 20detik]

(mae/mae)