Pimpinan DPR Minta Mendagri Bentuk Desk Corona

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Sabtu, 29 Feb 2020 01:55 WIB
Sufmi Dasco Ahmad
Sufmi Dasco Ahmad (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad meminta Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) untuk membentuk Desk Corona. Desk Corona tersebut untuk mencegah penyebaran virus corona di Indonesia.

"DPR meminta kepada Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) untuk membentuk Desk Corona, tim khusus untuk mencegah penyebaran virus corona di Indonesia," kata Dasco kepada wartawan, Jumat (28/2/2020).

Dasco menjelaskan Desk Corona tersebut dibentuk untuk Kemendagri berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota dan provinsi di seluruh Indonesia. Selain itu, untuk memonitoring dan melakukan pendataan di daerah.

"Desk Corona tersebut dibentuk Kemendagri untuk melakukan koordinasi kepada pemerintah kabupaten/kota dan provinsi di seluruh Indonesia, untuk melakukan monitoring dan melakukan pendataan di daerahnya masing-masing," ujar Politikus Gerindra itu.

Desk Corona tersebut, kata Dasco, juga untuk layanan pelaporan jika ada warga yang terindikasi terinfeksi virus yang telah menewaskan ribuan orang itu. Nantinya, tim khusus itu akan menindaklanjuti dan mengkoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan.

"Apabila terdapat warganya yang diindikasikan terjangkit virus corona, maka segera melaporkan hal tersebut kepada Desk Corona Kemendagri. Untuk ditindaklanjuti dan dikoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan RI. Supaya segera dilakukan pencegahan dini dan penanganan medis lebih lanjut, atau hal-hal lain yang dianggap perlu," tutur Dasco.

"Hal ini saya minta secara khusus, supaya kita dapat mengantisipasi penyebaran virus corona secara dini di Indonesia," pungkas dia.

Simak juga video Pulau Sebaru Jadi Tempat Observasi ABK World Dream, Warga Protes Anies:

[Gambas:Video 20detik]

(mae/ibh)