Viral Bensin Isi Air di SPBU Jalan Pramuka Jakpus, Begini Faktanya

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 21:24 WIB
SPBU 34-10501 di Jl Pramuka, Jakarta Pusat
SPBU 34-10501 di Jl Pramuka, Jakarta Pusat (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Sebuah video menunjukkan sejumlah pemotor mengeluhkan bensin di SPBU di Jalan Pramuka, Jakarta Pusat, beredar viral di media sosial. Pemotor mengeluh lantaran bensin tersebut berisi air.

Video viral ini membuat Kapolsek Cempaka Putih Kompol Sutrisno turun ke lokasi dan menemui pengawas SPBU setempat untuk meminta klarifikasi terkait kejadian viral itu. Hasil interview Kapolsek dengan pengawas SPBU, faktanya, peristiwa itu terjadi pada Rabu (26/2).

"Jadi begini, setelah ngobrol sama pengawasnya, jadi itu dua hari yang lalu. Informasinya, listrik mati. Setelah mati, hidup kan, hidup jam 12 malam. Informasinya begitu," kata Sutrisno kepada detikcom di SPBU Jl Pramuka, Jakarta Pusat, Jumat (28/2/2020).

Sutrisno mengatakan, saat itu ada belasan pengemudi motor yang komplain soal bensin berisi air tersebut. Menurut Sutrisno, hal itu sudah diselesaikan oleh pihak SPBU malam itu juga.

"Ada beberapa pengemudi sepeda motor menurut pengakuan, sekitar 16 pengemudi, itu komplain. Intinya, setelah beli bensin, tangkinya 'kok ada airnya'. Oleh pengelola diadakan musyawarah, motor-motor yang rusak dibawa ke bengkel. Sudah tidak ada masalah," tutur Sutrisno.

Sutrisno mengatakan hal itu terjadi karena ada rembesan air yang masuk ke penampungan BBM di SPBU tersebut.

"Penampungan itu seandainya tingginya penampungan itu 5 meter, umpamanya, bensin itu isinya cuma 3 meter, yang 2 meter ke atas itu kosong. Yang kosong itu ada rembesan air, rembes ke situ, itu belum ketahuan (saat itu). Seandainya nggak ada yang komplain, itu nggak ketahuan," jelas Sutrisno.

Sutrisno menambahkan penampungan yang rusak tersebut adalah penampungan BBM jenis Pertamax. Hingga saat ini, dispenser Pertamax tersebut belum dioperasikan kembali pascakejadian itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2