Indo Barometer Jelaskan Prabowo Menang di Survei: Banyak Orang Kenal

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 20:11 WIB
Qodari
Qodari dalam sebuah diskusi Foto: Rahel Narda
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendapatkan persentase tertinggi sebagai 'menteri yang memiliki kinerjanya bagus' dalam survei Indo Barometer. Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menyebut itu terjadi karena Prabowo banyak dikenal orang.

"Nah kenapa Prabowo disebut menjadi menteri yang paling banyak disebut sebagai yang punya prestasi dan kinerja baik. Ya karena memang dia dikenal," kata Qodari, dalam diskusi Vox Point Indonesia yang bertajuk 'Jokowi Awal Periode Ke-2', di Sanggar Prathivi Building, Jalan Pasar Baru Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (28/2/2020).

Qodari menjelaskan Prabowo mendapat katagori tersebut karena memang sudah banyak dikenal publik. Menurutnya, masyarakat cenderung mengisi survei dengan menuliskan nama orang yang diketahuinya.



"Jadi diminta sebutkan nama menteri yang menurut anda kinerjanya bagus, pasti orang-orang yang tingkat pengenalannya paling tinggi juga punya kecenderungan untuk disebut (bagus). Karena kalau nggak dikenal, pasti nggak disebut bagus. Dikenal bisa bagus bisa jelek. Tapi kalau nggak dikenal nggak mungkin bagus," ujar Qodari

Lebih lanjut Qodari juga mengatakan Prabowo mendapat katagori tersebut karena sudah memiliki banyak pendukung.

"Apalagi Pak Prabowo sudah sangat dikenal, punya pendukung ya, yang kelihatan dari jawaban kenapa Pak Prabowo menjadi menteri terbaik. Jawabannya tegas," ucap Qodari.

Qodari mengatakan, meskipun ada beberapa pihak yang tidak puas dengan kinerja Prabowo dalam menangani kasus Natuna, namun bagi para pendukungnya Prabowo memiliki sosok tegas.



"Jadi walau dibilang Pak Prabowo tidak tegas urusan Natuna tapi menurut mereka (pendukung) ya Pak Prabowo tegas. Mungkin karena dia milter, karena pidatonya berapi-api, dan bisa jadi mereka tidak tahu peristiwa Natuna itu. Kita kan bicara rakyat kebanyakan ini. Bisa jadi mereka tidak tahu isu Natuna itu," jelas Qodari

Selain itu, menurut Qodari, gabungnya Prabowo dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf membuat stabilitas politik Indonesia menjadi lebih stabil.

"Yang jelas dengan bergabungnya Pak Prabowo ke dalam (kabinet Jokowi-Ma'ruf) maka di lapangan juga situasi dan kondisi menjadi di lebih cair dan secara politik juga lebih stabil," tutur Qodari.



Diberitakan sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf yang paling dikenal publik. Prabowo memperoleh persentase tertinggi di kategori 'menteri paling dikenal publik' dan di kategori 'menteri yang kinerjanya bagus'.

"Prabowo Subianto jadi menteri paling dikenal publik, yakni sebesar 18,4 persen," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari di Ksatria Arya Wira Room, Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Minggu (16/2/2020).

Di bawah Prabowo, ada sejumlah nama menteri lainnya, yakni Sri Mulyani (13,9%), Erick Thohir (12,6%), Mahfud Md (7,3%), dan Nadiem Makarim (5,2%).

(rfs/rfs)