Nobar Film Pulau Plastik, Gojek Ajak Kurangi Plastik Sekali Pakai

Nurcholis Maarif - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 17:11 WIB
Gojek
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Gojek melalui layanan GoFood menggelar nonton bareng (nobar) film dokumenter Pulau Plastik bersama Dinas Lingkungan Hidup Jakarta, Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) serta perwakilan pembuat film dokumenter Pulau Plastik.

Menurut VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek Rosel Lavina, hal itu dilakukan untuk mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan di masyarakat sehingga dapat mengurangi konsumsi plastik sekali pakai, sesuai dengan tujuan inisiatif #GoGreener.

"Pada prinsipnya, Gojek selalu mendukung program pemerintah pusat dan provinsi serta daerah dan akan terus berupaya berinovasi dalam memfasilitasi seluruh ekosistemnya untuk dapat lebih mudah menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, termasuk pada layanan GoFood," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (27/2/2020).

Rosel menuturkan pihaknya juga senantiasa mendukung kebijakan pemerintah dalam menciptakan ekosistem lingkungan hijau. Mengingat tahun lalu diakuinya inisiatif #GoGreener Gojek berjalan dengan lancar.

"Inisiatif #GoGreener yang dimulai tahun lalu berjalan baik berkat dukungan dari berbagai pihak termasuk sinergi kami dengan Pemerintah dan teman-teman organisasi Lingkungan, termasuk GIDKP. Kami akan terus berkolaborasi dengan Pemerintah untuk kelanjutan program tahun ini," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Rahmawati mengatakan mengurangi sampah sudah menjadi kewajiban pemerintah. Namun, dibutuhkan kesadaran lebih dari seluruh lapisan masyarakat agar bisa meminimalisir pencemaran lingkungan ini.

"Sudah ada peraturan juga dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yaitu wajib mengurangi sampah. Pemerintah pusat memiliki target, namun yang memiliki sampah ya kita. Pemerintah daerah harus memikirkan cara dan salah satu caranya adalah dengan pengurangan sampah plastik melalui Pergub 142 tahun 2019 tersebut. Melalui perda pembatasan kantong plastik, diharapkan dapat berkontribusi mengurangi jumlah sampah secara nasional," pungkasnya.

Inisiatif #GoGreener merupakan solusi GoFood untuk mendorong gaya hidup ramah lingkungan dengan menyediakan fitur pilihan untuk tidak menyertakan alat makan sekali pakai dalam pemesanan di aplikasi dan menyediakan tas pengantaran dirancang khusus untuk mitra driver.

Selama 2019, jumlah mitra usaha GoFood yang telah mengadopsi inovasi #GoGreener meningkat 17,4 kali dibandingkan awal tahun. Kini, tercatat lebih dari 97% pelanggan GoFood memilih opsi untuk tidak membeli alat makan sekali pakai ketika membeli makanan dan minuman dari outlet yang berpartisipasi dalam program #GoGreener.

(prf/ega)