Menlu Lepas Tim Evakuasi 68 WNI ABK Diamond Princess ke Jepang

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 16:20 WIB
Menlu lepas tim evakuasi WNI ABK Diamond Princess
Foto: Farih Maulana Sidik/detikcom
Jakarta -

Sebanyak 23 orang dilepas oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi untuk menjemput 68 WNI anak buah kapal (ABK) kapal pesiar Diamond Princess, Jepang. Sebanyak 68 WNI ini akan dijemput dan dibawa ke Indonesia dalam penanganan wabah virus corona.

"Untuk kesekian kalinya kita harus melakukan evakuasi WNI yang di luar negeri. Kali ini dilakukan untuk menjemput 68 WNI, kru dari kapal pesiar Diamond Princess yang saat ini berada di Yokohama," kata Retno di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Jumat (28/2/2020).

Tim evakuasi ini terdiri atas TNI, Kemlu, Kemenkes, dan kru Garuda Indonesia. Retno mengatakan tim penjemput maupun 68 WNI yang ada di Yokohama, Jepang dalam kondisi sehat.



"Sebelum dikembalikan mereka sudah diperiksa dan sampai saat ini mereka negatif," katanya.Tim evakuasi ini terdiri atas TNI, Kemlu, Kemenkes, dan kru Garuda Indonesia. Retno mengatakan tim penjemput maupun 68 WNI yang ada di Yokohama, Jepang dalam kondisi sehat.

Retno mengatakan untuk delapan WNI yang positif virus corona tidak termasuk yang dipulangkan kali ini. Menurutnya, delapan orang tersebut masih akan dilakukan perawatan intensif oleh Rumah Sakit di Jepang.

"Kita doakan agar mereka segera dapat pulih, dan kita percaya rumah sakit di Jepang menangani dengan baik," katanya.

Sementara itu, kata Retno, dua WNI yang di kapal pesiar Diamond Princess memutuskan untuk tidak ikut pulang ke tanah air bersama rombongan. Keduanya memilih untuk melanjutkan pekerjaan.

Tim evakuasi WNI dari kapal pesiar Diamond Princess tersebut akan lepas landas dari Indonesia pada pukul 16.00 WIB sore ini. Kru dan 68 WNI yang dievakuasi akan kembali pada Minggu (1/3).

"Insyaallah akan menuju Yokohama pada pukul 16.00 WIB dan akan mendarat di Haneda besok 01.00 WNI, tanggal 29 dan kembali dari Haneda ke Indonesia pada tanggal 1 Maret. Rencana waktu keberangkatan adalah pukul 18.00 dan tiba pada hari sama 1 Maret hampir tengah malam," pungkasnya.

Simak Video "68 WNI ABK Diamond Princess Akan Dievakuasi, 2 Orang Pilih Tak Ikut!"

[Gambas:Video 20detik]




(fas/rfs)