Jakarta Ada Formula E Monas, Sumut Ada Reli Danau Toba

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 15:26 WIB
Danau Toba
Danau Toba (Dok. Kementerian PUPR)
Jakarta -

Balapan mobil listrik Formula E bakal digelar di Jakarta dan memicu polemik, dari pemilihan lokasi hingga anggaran yang digunakan. Rupanya event balapan bukan cuma ada di Jakarta.

Di Sumatera Utara (Sumut), misalnya, ada event reli yang bakal digelar tahun ini. Bukan cuma sekali, setidaknya ada dua kali reli yang bakal digelar pada 2020.

"Ada dua reli tahun ini di sekitar Danau Toba," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Ria Telaumbanua, Jumat (28/2/2020).

Reli pertama bakal digelar pada 17-19 April 2020 dan merupakan kejuaraan reli nasional. Event kedua bakal digelar pada 26-27 Juli 2020 dan berskala internasional.

"Yang di April itu dia nasional. Yang di bulan Juli dia itu seri Asia-Pacific Rally," ucap Kabid Bina Pemasaran Wisata Disbudpar Sumut, Muchlis.

Dia menyebut Pemprov Sumut hanya bertindak sebagai pendukung. Menurutnya, seluruh rangkaian kegiatan disiapkan oleh pihak penyelenggara yang berasal dari unsur swasta.

"Paling kita support umbul-umbul, spanduk, untuk memeriahkan saja," ucapnya.

Selain beda jenis, reli di sekitar Danau Toba ini berbeda dari sisi anggaran dengan Formula E. Jika penyelenggaraan Formula E menyedot anggaran dari APBD DKI, reli di Danau Toba ini tak memakai uang rakyat.

Ketua panitia penyelenggara reli tersebut, Daniel, mengatakan kedua event reli itu diinisiasi oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI). Dia mengatakan IMI sengaja menggelar reli di Danau Toba untuk membantu menarik wisatawan datang.

"Kita nggak pakai APBD, paling dari Dinas Pariwisata bantuan saja. Kalau kita ya dari sponsor," tutur Daniel.

"Ini karena kita ingin meningkatkan turis juga ke Danau Toba kerja sama lah sama Dinas Pariwisata. Saling dukung," sambungnya.

(haf/rfs)