Pemerintah Tegaskan Tak Beli Pesawat Kepresidenan Baru, Lantas Sewa?

Andhika Prasetia - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 13:27 WIB
Pesawat Kepresidenan
Foto: Mega Putra/detikcom
Jakarta -

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menegaskan pemerintah tidak ada rencana membeli pesawat kepresidenan yang baru dengan seri Boeing 777-300 ER. Lantas, apakah pesawat tersebut disewa?

"Kita belum ada rencana pergi, kok. Nanti kalau sudah pergi, nah itu," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Pratikno mengatakan tidak ada rencana menyewa pesawat kepresidenan dalam waktu dekat. Saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menggunakan pesawat kepresidenan seri Boeing Business Jet (BBJ) yang berkelir biru langit-putih.

"Nggak, nggak, ya nanti kalau ada perjalanan jauh kemungkinan kita baru," katanya.

"Jadi transit itu kan mahal banget," imbuhnya.

Pesawat Kepresidenan BBJ yang sekarang biasanya hanya mampu menempuh 9 jam perjalanan penuh. Misalnya, saat terbang dari Istanbul, Turki, menuju Jakarta, pesawat ini akan transit di Aceh untuk pengisian bahan bakar.

Isu pesawat kepresidenan yang baru awalnya beredar di media sosial. Foto mengenai pesawat kepresidenan itu salah satunya diunggah akun Instagram @avia.pedia. Pesawat tersebut tampak berada di sebuah hanggar. Namun posting-an tersebut sudah dihapus.

"Yang jelas tidak ada pembelian," tegas Pratikno.

(dkp/zlf)