CT: Dunia Cemaskan Corona, Harus Ada Antisipasi

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 11:30 WIB
Chairul Tanjung di IPB (Dok Istimewa)
Foto: Chairul Tanjung di IPB (Dok Istimewa)
Jakarta -

Pengusaha nasional Chairul Tanjung mengungkap masyarakat dunia sedang cemas menghadapi penyebaran virus Corona. Harus ada antisipasi serius terhadap wabah mematikan yang mulai menganggu perekonomian dunia ini.

"Tahun 2020 ini dimulai dengan sesuatu yang sangat tidak kita duga, dunia mendapat yang namanya virus corona," demikian disampaikan Chairul Tanjung, Chairman sekaligus Founder CT Corp, dalam acara Economic Outlook 2020 yang diselenggarakan CNBC Indonesia di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Chairul Tanjung lantas memaparkan dampak virus Corona yang makin meluas. Tak hanya mengancam kesehatan warga dunia, Corona juga mengancam perekonomian global.

"Pada minggu pertama dan kedua Januari 2020 pasar komoditas menunjukkan perbaikan. Namun di minggu ketiga dan keempat sektor komoditas langsung terkoreksi cukup dalam," demikian analisis Chairul Tanjung.

Warga Indonesia makin merasakan dampak virus Corona setelah Arab Saudi melarang kunjungan sementara bagi WN asing untuk melakukan umroh. Saudi juga menghentikan sementara kunjungan ke Masjid Nabawi, Madinah, demi mencegah penyebaran virus Corona. Akibatnya ribuan calon jamaah umroh dari berbagai daerah di Indonesia batal berangkat ke tanah suci. Akan muncul dampak-dampak baru yang perlu antisipasi matang.

"Virus corona dimulai dari provinsi Wuhan, kemudian melebar ke provinsi Hubei. Namun sekarang bukan hanya China, tapi Korea juga kena, Italia juga, Iran juga sudah ratusan orang. Pertanyaannya apakah virus corona masih jadi lokal epidemi atau jadi global pandemi. Ini sesuatu yang harus kita antisipasi ke depan," sambung pria yang akrab disapa CT ini.

Simak Video "Jerman Waspadai Wabah Corona, Ada Rantai Penularan yang Tak Terlacak"

Selanjutnya
Halaman
1 2