Luncurkan SIM Internasional Online, Kakorlantas Bicara Pencegahan Korupsi

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 11:11 WIB
Peluncuran SIM internasional online
Peluncuran SIM internasional online (Foto: Tiara/detikcom)
Jakarta -

Korlantas Polri meluncurkan SIM internasional berbasis online. Kakorlantas Irjen Istiono mengatakan pelayanan publik berbasis IT ini untuk mewujudkan lingkungan yang bebas korupsi.

Peluncuran SIM internasional berbasis online ini dilaksanakan di NTMC Polri, Jakarta Selatan, Jumat (28/2/2020). Sejumlah pejabat turut hadir dalam acara tersebut di antaranya Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Syahroni, Anggota Komisi V DPR Gatot Sudjito serta perwakilan dari dinas terkait yang bekerja sama dalam pembuatan SIM Internasional Online.

"Salah satu langkah online yang kita lakukan ini merupakan salah satu wujud meningkatkan wilayah bebas korupsi yang didorong oleh bapak presiden tentang pelayanan publik yang cepat dan mudah diakses. Ini selalu ya, kepolisian ini paling cepat untuk merespons dan berbenah wilayah kita harus bebas korupsi," kata Istiono di NTMC Polri, Jakarta Selatan pada Jumat (28/2/2020).

"Ini langsung adil nggak ada yang bersentuhan dengan polisi lagi, enak kita juga potret, ditindak didenda, selesai dan jelas urusannya," sambung Istiono.

Program SIM internasional online ini merupakan hasil kerja sama dari Korlantas Polri dengan berbagai lembaga pemerintah seperti Direktorat Jenderal Imigrasi, Disdukcakpil hingga BRI. sebanyak 188 negara telah mengakui SIM internasional yang dikeluarkan Korlantas Polri.

"Di 188 negara yang sudah ada kerja samanya dengan kita maupun tidak ada juga yang sudah mengakui SIM kita tidak ada kerja samanya pun mereka banyak yang sudah melegitimasi bahwa ini adalah SIM, tidak hanya ASEAN saja tapi di seluruh dunia, sudah ada 188 berdasarkan konferensi Vienna," ujar dia.

Simak Juga Video "Longsor di Tol Cipularang, Korlantas Siapkan Jalur Alternatif"

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2