Plh Kepala BPBD DKI Akan Kedepankan Kolaborasi untuk Atasi Banjir

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 07:28 WIB
Banjir di Keluarahan Rawajati, Jakarta Selatan, telah surut. Petugas pun bahu membahu membersihkan lumpur sisa banjir.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Plh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto mengatakan dirinya akan mengedepankan kolaborasi untuk menangani bencana banjir yang kerap melanda Ibu Kota. Menurutnya, pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri dalam penanganan banjir.

"Dengan libatkan semua unsur, masyarakat, dunia usaha, relawan yang kita hargai, itu luar basa dengan SKPD lain di Pemprov DKI Jakarta. Itu semua all out. Pemerintah pusat BNPB luar biasa. Itulah yang kolaborasi, kalau saya sebut gotong royong," ucap Sabdo saat dihubungi detikcom, Kamis (27/2/2020) malam.

Plh Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Sabdo Kurnianto (kiri) bersama dengan Wali Kota Jakarta Timur Anwar (kanan) (Dok.Istimewa).Plh Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Sabdo Kurnianto (kiri) bersama dengan Wali Kota Jakarta Timur Anwar (kanan) (Dok.Istimewa). Foto: Dok. Istimewa


Sabdo berpendapat kolaborasi dilakukan juga dalam penanganan banjir pada Januari dan Februari 2020. Menurutnya, semua orang sudah bekerja keras untuk menangani masalah tersebut.
"Dengan demikian, ibaratnya baskom atau ember itu diisi dengan air yang berlebihan, itu meluber dong. Sederhananya seperti itu, itu di mana saja. di luar Jakarta juga terjadi," kata Sabdo.Sabdo menjelaskan BPBD tak bisa memprediksi datangnya banjir. Banjir terjadi saat Jakarta dilanda hujan ekstrem.

Selanjutnya
Halaman
1 2