Wagub Jabar Sebut Proyek Kereta Cepat Sebabkan Banjir: Tak Ada Amdal

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 03:13 WIB
Uu Ruzhanul Ulum
Foto: Muhammad Ridho/detikcom
Jakarta -

Sejumlah wilayah di Kota/Kabupaten Bekasi sempat terendam banjir. Wakil Gubernur Jawa Barat Ruzhanul Ulum menyebut salah satu penyebab banjir tersebut adalah adanya sejumlah proyek berskala nasional yang dibangun di Bekasi.

"Ternyata penyebab banjir di sini bukan hanya satu faktor hujan datang, air datang, tapi ada beberapa hal yang menurut informasi yang kami terima. Antara lain sudah meningginya sungai sehingga permukaan air di atas pemukiman di bawah," kata Ruzhanul kepada wartawan di Perumahan Bumi Nasio Indah, Bekasi, Kamis (27/2/2020).

"Kedua juga adanya pembangunan berskala nasional. Adanya KCIC, LRT, (Tol) Becakayu, dan lainya semuanya memiliki dampak dan yang kami merasa prihatin ternyata KCIC ini tidak ada amdal-nya. Makanya amdal belum ada, bangunan atau proyek sudah dimulai, ya berdampak seperti ini," sambung pria yang akrab disapa Uu ini.

Penanganan masalah banjir di Bekasi, kata Uu, tidak bisa diselesaikan oleh pemda saja. Pemerintah pusat dan pemda harus bersinergi dalam penanganan banjir tersebut.

"Termasuk pihak investor yang punya kegiatan di wilayah ini, karena itu juga ada dampaknya terhadap bencana di sini," imbuh Uu.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2