Tanam Ganja di Kontrakan, Superman Ditangkap Polisi Bekasi

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 21:33 WIB
Superman ditangkap tanam ganja
Superman ditangkap karena menanam ganja. (dok. Istimewa)
Bekasi -

Seorang pria bernama Jhon Superman Saragih (32) ditangkap polisi karena kasus narkoba. Superman ditangkap karena menanam ganja di kontrakannya.

"JS (John Superman) menanam dan mengkonsumsi narkotika jenis ganja tersebut," ujar Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kompol Erna Ruswing dalam keterangan, Kamis (27/2/2020).

Penangkapan itu bermula ketika Superman bersama temannya, Epto Jaya Girsang (19), membeli ganja seharga Rp 50 ribu di daerah Cawang, Jakarta Timur. Kemudian, bijinya ia tanam dengan maksud dikonsumsi sendiri.

"Superman menanam benih ganja hingga tumbuh sekitar 60 cm. Superman dan temannya sudah 4 kali mengkonsumsi narkotika jenis ganja dari hasil petikan sendiri," kata Erna.



Ganja itu ditanam di dalam pot dan diletakkan di halaman belakang kediaman Superman. "(Ganja ditanam) di rumah kontrakan JS," tutur Erna.

Setelah mengumpulkan informasi, polisi bergerak dan menangkap kedua pelaku di kediaman Superman di Rawa Semut RT 03 RW 11, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Rabu (26/2). Barang bukti yang diamankan adalah 2 batang pohon ganja dan satu ember berisi daun ganja.

Pelaku dijerat Pasal 114 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

(isa/mea)