Round-Up

Amien Rais Belum Habis, Kini Cap Kongres PAN 'Teroris'

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 21:03 WIB
Amien Rais hadiri Rakernas PAN, Sabtu (7/12/2019).
Foto: Amien Rais (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Amien Rais belum habis meski jagoannya di Kongres PAN Kendari, Mulfachri Harahap, kalah telak. Amien Rais yang kebanyakan diam usai kongres kini memberi cap 'kongres teroris' atas kongres yang berhasil dimenangkan besannya, Zulkifli Hasan.

Dalam catatan detikcom, Kamis (27/2/2020), cap kongres teroris itu disampaikan Amien Rais lewat video yang sempat diunggah di Instagram. Selin itu, Amien Rais menilai kongres PAN mempertontonkan demokrasi jadi-jadian.

Sejumlah kejanggalan dalam kongres disampaikan Amien Rais dalam video itu. Salah satu yang disoroti Amien Rais adalah 17 DPD di-PLT-kan.

"Jadi ini dimulai dengan sebuah kerusakan. Dan yang saya lihat lagi, saudara-saudaraku, waktu itu suasana di kongres itu seperti seolah-olah kongres para teroris. 1.300 polisi dikerahkan, di halaman hotel, kemudian di lobi, di seluruh lorong lobi ada pagar betis. Bahkan juga ada beberapa ratus, barangkali, Brimob kiriman dari Makassar," tuturnya.

Amien meminta pemerintah tidak mensahkan kepengurusan PAN 2020-2025. Eks Ketua Dewan Kehormatan PAN itu menyebut kongres di Kendari sebagai aib demokrasi.

"Jadi karena itu, saya minta pemerintah yang berwenang jangan dulu mengesahkan hasil Kongres Nasional PAN yang demikian gawat, maaf, memalukan. Membuat aib demokrasi. Maaf, maaf, maaf," ucap Amien.

Eks Caketum PAN Dradjad Wibowo menanggapi.

Selanjutnya
Halaman
1 2