ADVERTISEMENT

Amien Rais Melawan, Matahari Putih Akan Terbelah?

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 20:20 WIB
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya. Ia nampak membawa buku Jokowi People Power saat tiba di sana.
Foto: Lamhot Aritonang

Manuver Amien pun juga dinilai sebagai upaya memastikan agar faksinya tetap diakomodasi dalam pengurusan PAN yang baru. Pengamat politik, Djayadi Hanan yang juga Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyampaikan, "Terutama Hanafi Rais, agar tetap memperoleh tempat terhormat di PAN."

Djayadi pun memprediksi PAN tak akan terbelah dengan perlawanan Amien itu. Loyalis dan kekuatan Amien, sudah jauh berkurang. Sehingga sulit bagi Amien untuk membangun kekuatan baru.

"Kekalahan Amien di kongres menunjukkan sudah makin lemahnya kekuatan itu. Untuk pertama kalinya faksi-faksi di luar Amien Rais bersatu dan berhasil mengalahkannya," ujar Djayadi. "Jadi PAN tidak akan sampai pecah, gak akan sampai misalnya Amien membentuk parpol baru."

Pengajar ilmu politik di Universitas Paramadina itu juga menyampaikan Zulhas yang juga saling berbesanan dengan Amien pasti akan melakukan upaya mengakomodasi faksi Amien untuk mencegah terbelahnya partai matahari putih.

"Zulhas selama ini dikenal dekat dengan pemerintah, terutama Jokowi, sehingga akan sulit memecah PAN pimpinan Zulhas dari segi legalitas partai. Dan jangan lupa, dulu ada Partai Matahari Bangsa yang menjadi semacam pecahan PAN, tapi gagal," kata Djayadi.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT