Amien Rais Melawan, Matahari Putih Akan Terbelah?

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 20:20 WIB
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya. Ia nampak membawa buku Jokowi People Power saat tiba di sana.
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Tak hadir baik saat pembukaan maupun penutupan Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) ke-5 di Kendari, Sulawesi Tenggara, Amien Rais justru melawan lewat sebuah video berdurasi tak lebih dari delapan menit, dua minggu setelah perhelatan akbar itu ditutup.

Melalui video yang diunggah di akun Instagram @amienraisofficial, mantan Ketua Dewan Kehormatan PAN tersebut mengutarakan keluh kesah soal jalannya kongres partai yang didirikannya itu.

Amien menyebut berbagai kejanggalan terjadi sebelum dan saat terjadinya kongres. "Jelang Kongres PAN itu, DPP di bawah Zulkifli Hasan melakukan hal-hal yang sesungguhnya tidak pantas," ujar Ketua Umum PAN periode 1998-2005 itu.

"Banyak sekali pasal-pasal AD/ART yang dilanggar. Kemudian SC-nya pun juga tidak begitu adil. Bahkan 100% OC itu dari katakan lah kubunya Zulkifli Hasan (Zulhas). Jadi, ini kejanggalan."

Amien memang tak mendukung Zulhas untuk menjabat Ketum PAN untuk kedua kalinya. Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 1999-2004 ini lebih menjagokan Mulfachri Harahap, mantan Ketua Fraksi PAN di DPR. Dia pun menggandengkan anaknya Hanafi Rais, dengan Mulfachri dalam kongres di Kendari.

Tonton juga Ditanyakan soal Posisi Amien Rais di PAN, Ini Jawaban Zulhas :

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4