BKD DKI Sebut Eks Kepala BPBD Ajukan Pengunduran Diri Sejak Januari

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 19:50 WIB
Kepala BPBD DKI Subejo
Foto: Kepala BPBD DKI Subejo. (Adhi Indra-detikcom)
Jakarta -

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Chaidir, menepis kabar mundurnya eks Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) DKI, Subejo, karena banjir Jakarta. Chaidir menyebut Subejo telah lama mengajukan pengunduran diri.

"Awalnya beliau mengajukan bukan saat momentum ini (banjir). Sudah lama, sebelum ada bencana ini," kata Chaidir, di Gedung Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Chaidir mengatakan, Subejo telah mengajukan pengunduran dirinya sejak pertengahan Januari. Sehingga tidak terkait dengan banjir Jakarta yang belum lama terjadi.

"Dipertengahan Januari, dia sudah ngajuin. Setelah bencana yang kemarin (banjir Jakarta Februari) kan enggak ada kaitannya dengan ini, ini kan cerita banjir kemarin orang kaya kaitkan dengan itu," kata Chaidir.

Die menyebut, pengajuan pengunduran dilakukan dengan alasan melakukan proses Widyaiswara. Hasil evaluasi kinerja Subejo juga disebut diatas rata-rata Serapan Perkiraan Sendiri (SPS).

"Pada saat sebelum kejadian beliau mengajukan untuk memproses Widyaiswara, kami memproses. Jadi tidak ada kaitannya," kata Chaidir.

"Evaluasi kerjanya di atas rata-rata, di atas rata-rata diantara kisaran. Kan target kita di SPS 90% berarti diatas 91-92," sambungnya.

Sebelumnya, Subejo mengatakan dirinya belum sepenuhnya mundur dari jabatannya. Subejo mengaku dirinya tengah mengambil cuti untuk mencalonkan diri sebagai widyaiswara.

"Saya ambil cuti karena agar fokus persiapan untuk jadi widyaiswara, kan nanti ada tes untuk bisa diangkat sebagai widyaiswara," kata kepada wartawan, Kamis (27/2/2020).

Subejo mengaku hendak mendaftarkan diri sebagai dosen. Dia ingin memberikan ilmu pengetahuan khusus di bidang manajemen keselamatan.

Tonton juga BPBD Jakarta Siapkan Toa Rp 4 M, Apa Kata Warga? :

[Gambas:Video 20detik]

(dwia/rfs)