DPR Pastikan Bahas 5 Alternatif Pemilu Serentak

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 18:29 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani.
Foto: Puan Maharani (Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan lima alternatif keserentakan pemilihan umum (pemilu). Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan DPR akan membahas 5 alternatif tersebut untuk diputuskan mana yang akan diterapkan.

"Kalau nggak salah ada enam (lima-red) varian yang bisa dilakukan pembahasan antara pemerintah dan DPR. Mana yang terbaik dan apa yang akan dipilih, tentu nanti ada pembahasan mendalam antara pemerintah dan DPR," kata Puan di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Puan mengatakan, yang terpenting yakni apa yang terjadi dalam Pemilu 2019 tidak terulang kembali. Diketahui, dalam Pemilu 2019 banyak petugas KPPS meninggal dunia.

"Kami tentu mengapresiasi keputusan ini meski final and binding. Tapi ada varian-varian yang menjadi alternatif sehingga yang kemarin terjadi secara negatif seperti ada korban, petugas bekerja terus menerus hingga kelelahan, tidak terulang di 2024," tutur Puan.

"Kami berharap apa yang diputuskan nanti adalah yang tidak merugikan rakyat dan bermanfaat bagi rakyat dan tentu saja proses demokrasi partai politik itu tidak berjalan sendiri-sendiri, tapi jadi satu keputusan yang bermanfaat juga bagi partai politik," imbuhnya.

Sebelumnya, ada lima alternatif keserentakan pemilu. Berikut kelima model tersebut:

1. Pemilihan umum serentak untuk memilih anggota DPR, DPD, Presiden/Wakil Presiden, dan anggota DPRD.
2. Pemilihan umum serentak untuk memilih anggota DPR, DPD, Presiden/Wakil Presiden, Gubernur, dan Bupati/Walikota.
3. Pemilihan umum serentak untuk memilih anggota DPR, DPD, Presiden/Wakil Presiden, anggota DPRD, Gubernur, dan Bupati/Walikota.

4. Pemilihan umum serentak nasional untuk memilih anggota DPR, DPD, Presiden/Wakil Presiden; dan beberapa waktu setelahnya dilaksanakan Pemilihan umum serentak lokal untuk memilih anggota DPRD Provinsi, anggota DPRD Kabupaten/Kota, pemilihan Gubernur, dan Bupati/Walikota.

5. Pemilihan umum serentak nasional untuk memilih anggota DPR, DPD, Presiden/Wakil Presiden; dan beberapa waktu setelahnya dilaksanakan Pemilihan umum serentak provinsi untuk memilih anggota DPRD Provinsi dan memilih gubernur; dan kemudian beberapa waktu setelahnya dilaksanakan pemilihan umum serentak kabupaten/kota untuk memilih anggota DPRD Kabupaten/Kota dan memilih Bupati dan Walikota;

Tonton juga Survei Median: Jika Pemilu Digelar Saat Ini, Prabowo Menang! :

[Gambas:Video 20detik]

(zak/gbr)