Eks Ketua KONI Akui Ada Perubahan Dana Proposal dari Rp 16 M ke Rp 26 M

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 18:28 WIB
Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman mengatakan dirinya siap dicalonkan kembali menjadi ketum periode 2015-2019 dalam Musornas KONI Pusat, November mendatang. Hal tersebut disampaikan Tono Suratman ketika menutup Rapat Anggota (RAT) KONI Pusat di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (31/3/2015) malam.
Tono Suratman Foto: rengga sancaya
Jakarta -

Eks Ketua KONI, Valentinus Suhartono Suratman, mengakui adanya perubahan dana yang ditulis di proposal KONI untuk seleksi calon atlet dan pelatih berprestasi tahun 2018 yang diajukan ke Kemenpora. Dia menyebut perubahan dana yang ditulis itu merupakan inisiasi Kemenpora.

Hal itu diungkapkan Tono saat bersaksi di PN Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2020). Awalnya jaksa KPK menunjukkan barang bukti dua proposal KONI dimana dalam proposal yang ditandatangani Tono itu tertanggal yang sama namun jumlah dana yang tertera dalam proposal itu beda.

Dalam proposal itu dana yang seharusnya Rp 16 miliar diubah menjadi Rp 26 miliar. Menurut Tono perubahan itu diminta oleh Kemenpora.

"Saya begitu kurang mengingat ya Pak, karena sudah lama. Tapi setahu saya itu biasanya dari verifikasi Kemenpora yang mengusulkan untuk supaya ada pengajuan dana yang diusulkan supaya ada perubahan untuk ditingkatkan, demikian pak," kata Tono.

"Kemenpora (yang mengusulkan) Pak," imbuh Tono.

Tonton juga Blak-blakan Ketua Umum KONI: Ingat KONI, Prestasi Bukan Korupsi :

Selanjutnya
Halaman
1 2