Ma'ruf Harap Pulau Sebaru Jadi Model Cara Menangkal Penyakit Menular

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 16:58 WIB
Wapres Maruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (Dok. detikcom)
Pangkal Pinang -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, merupakan lokasi yang aman untuk observasi 188 WNI anak buah kapal (ABK) World Dream. Sebab, Pulau Sebaru merupakan pulau kosong yang tak berpenduduk.

"Ya tidak kurang daripada itu, ini kan lebih aman (dari Natuna) karena pulaunya pulau kosong, tidak berpenduduk," kata Ma'ruf di Pangkal Pingang, Bangka Belitung, Kamis (27/2/2020).

Selain itu, Ma'ruf mengatakan Pulau Sebaru sudah dilengkapi fasilitas. Pulau Sebaru sebelumnya merupakan tempat rehabilitasi narkoba sehingga fasilitas telah tersedia.

"Saya kira sudah dipersiapkan, fasilitasnya sudah, itu kan dulu pernah jadi tempat rehabilitasi narkoba jadi sudah ada, cuma dia lebih dilengkapi dan diperkuat," kata Ma'ruf.

"Hari ini Panglima TNI-Kapolri juga ke sana, jadi keamanannya kemudian juga sudah disiapkan," sambungnya.

Ma'ruf berharap Pulau Sebaru akan menjadi model untuk dalam pencegahan penyakit menular. "Kita harapkan ini merupakan salah satu model cara kita menangkal penyakit menular," tuturnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, yang dijadikan tempat observasi 188 WNI anak buah kapal (ABK) World Dream sudah sesuai dengan standar WHO. Standar itu meliputi alat kesehatan hingga lokasi yang tidak mudah dijangkau oleh publik.

"Pemeriksaan kita lakukan sesuai dengan protokol kesehatan WHO, sesuai aturan saja. Apabila ada kedaruratan kita siapkan transportasi laut atau udara," ujar Hadi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis (27/2).

Hadi mengatakan saat ini persiapan untuk menyuplai kebutuhan logistik di Pulau Sebaru sudah 85 persen. Dia juga meminta personel Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) dari TNI Polri, Kementerian, dan Lembaga bekerja lembur dalam menyiapkan kebutuhan penunjang lokasi observasi.

Tonton juga Detik-detik Evakuasi WNI di Kapal World Dream:

[Gambas:Video 20detik]

(dwia/mae)