Demo Depan Kementerian BUMN Bubar, Pasukan Oranye Mulai Sapu Jalanan

Sachril Agustin B - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 16:18 WIB
Pasukan Oranye sapu jalanan (Sachril Agustin - detikcom)
Foto: Pasukan Oranye sapu jalanan (Sachril Agustin - detikcom)
Jakarta -

Demo di Kementerian BUMN, Jakarta, usai. Massa mulai membubarkan diri. Lalu lintas pun kembali lancar. Petugas PPSU alias pasukan oranye mulai menyapu jalan.

Pantauan detikcom, Kamis (27/2/2020) di Kementerian BUMN, massa mulai membubarkan diri sekitar pukul 15.40 WIB. Massa bubar usai mendengarkan hasil audiensi yang dijelaskan Presiden Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Indonesia Mirah Sumirat.

Ada sebagian massa yang masih bertahan di depan Kementerian BUMN. Mereka yang masih bertahan sedang duduk-duduk atau berbicara dengan temannya.

Polisi masih dilokasi untuk melakukan pengamanan. Petugas dishub mengatur lalu lintas. Petugas PPSU pun datang untuk melakukan pembersihan.

Lalu lintas sedikit macet ketika massa bubar. Namun hal ini tidak berlangsung lama. Sekitar 10 menit kemudian, lalu lintas di Jalan Merdeka Selatan kembali lancar.

Seperti diketahui, kelompok massa yang tergabung dalam Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK) hari ini berdemo di Gedung Kementerian BUMN. Dia menuntut Menteri BUMN Erick Thohir bersih-bersih BUMN dengan memecat direksi beberapa BUMN.

Awalnya, aksi massa dilakukan oleh serikat pekerja dari PT Pos Indonesia yang menuntut direksi mereka diganti. Serikat pekerja ini melakukan aksi di depan kantor Regional IV dan melakukan long march ke Kementerian BUMN.

Di Kementerian BUMN, mereka bergabung dengan serikat pekerja BUMN lain. Menamai dirinya Aliansi Pekerja BUMN Bergerak, mereka berunjuk rasa. Ada sekitar 200 orang yang melakukan aksi.

Simak Video "Tak Cuma Karyawan Pos, Serikat Pekerja Lain Juga Ikut Demo Kemen-BUMN"

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)