Buruh Tani Rela Tempuh 25 Km Demi Operasi Katarak Gratis

Angga Laraspati - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 15:15 WIB
Sido Muncul
Foto: Angga Laraspati/detikcom
Jakarta -

Sebagai seorang buruh tani, memiliki mata yang sehat merupakan modal Walijah (64) untuk bekerja di sawah atau ladang. Namun katarak yang dideritanya selama ini telah menghambat mata pencariannya.

Katarak di mata kanannya itu dikatakan cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Selama ini pun ia hidup dengan penglihatan yang membayang.

"Iya jadi saya itu sulit untuk melihat. Waktu masih menderita hal itu, penglihatan saya hanya bayang-bayang saja gitu. Walaupun itu hanya sebelah tapi itu cukup mengganggu. Apalagi saya buruh tani jadi ya (mau tidak mau) harus bagus kan (penglihatannya)," ujar Walijah ditemui di RSUD Nyi Ageng Serang Kulon Progo, Kamis (27/2/2020).

Diantarkan oleh anak laki-lakinya, Walijah menempuh jarak 25 kilometer dari rumahnya di wilayah Pantai Trisik, Kulon Progo menuju ke RSUD Nyi Ageng Serang, Kulon Progo. Ia datang untuk melakukan operasi katarak di mata kanannya tersebut.

"Saya nggak takut, karena saya hanya ingin semangat untuk sembuh agar nantinya bisa beraktivitas normal seperti biasa," ujar Walijah.

Sementara menurut sang suami, Adi Prayitno (60), istrinya sudah sedari 2019 menderita katarak dan harus bolak-balik ke rumah sakit untuk mengobati penyakitnya tersebut.

"Jadi awalnya (istri saya) dibawa dulu ke salah satu rumah sakit di daerah Wates, itu di awal 2019. Setelah itu dari sana dirujuklah ke RSUD ini, ada lah kita bolak-balik hampir 6 kali," tutur Adi.

Walijah pun bisa tersenyum lebar. Berkat informasi yang diberikan Puskemas di dekat tempat tinggalnya, ia pun mengikuti operasi katarak gratis yang diadakan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Kini ia tinggal menunggu proses penyembuhan setelah menjalani proses operasi oleh dokter dari RSUD Nyi Ageng Serang.

"Saya dapet info acara ini itu dari puskesmas dekat rumah, lalu pergilah ke sini bersama anak dan suami saya. Saya berterima kasih kepada Sido Muncul yang sudah memberikan kesempatan kepada saya lewat operasi ini," tutur Walijah diikuti senyuman di bibirnya.

Sebagai informasi, Sido Muncul memberikan operasi katarak gratis kepada 75 warga Kulon Progo yang bekerja sama dengan Perdami di RSUD Nyi Ageng Serang.

(prf/ega)