Saudi Setop Umrah, Gubsu Edy: Masa Ibadah Dilarang

Ahmad Arfah - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 13:40 WIB
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (Arfah-detikcom)
Foto: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (Arfah-detikcom)
Medan -

Arab Saudi melarang kunjungan warga negara asing untuk memasuki wilayahnya sementara waktu, termasuk bagi jemaah umrah, demi mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi heran dengan kebijakan Saudi.

"Masa ibadah dilarang," ujar Edy di Medan, Kamis (27/2/2020).

Edy mengatakan belum melihat detail larangan Saudi tersebut. Namun, dia menilai Indonesia saat ini bebas dari Corona.

"Indonesia nggak ada yang kena," ujarnya.

Sebelumnya, Saudi melarang kunjungan sementara bagi WN Asing untuk melakukan umrah. Saudi juga menghentikan sementara kunjungan ke Masjid Nabawi, Madinah, demi mencegah penyebaran virus corona.

"Menghentikan sementara warga negara asing masuk ke Kerajaan Arab Saudi dalam rangka ibadah Umroh dan mengunjungi Masjid Nabawi," demikian rilis dari Kemlu Arab Saudi yang diterima setelah diterjemahkan Dubes RI Agus Maftuh Abegebriel, Kamis (27/2).

Pihak Saudi juga menutup pintu bagi wisatawan dari negara yang terjangkit virus corona. Menurut Saudi, hal ini dilakukan untuk melindungi warga negaranya.

"Menghentikan masuknya warga negara ke Kerajaan Arab Saudi dengan menggunakan visa wisata, bagi mereka yang datang dari negara-negara yang terkena wabah virus corona baru (COVID-19), merujuk kepada kriteria yang ditetapkan oleh lembaga kesehatan terkait Pemerintah Kerajaan," ujar keterangan pihak Saudi.

Simak Video "Karena Corona, Arab Saudi Setop Umrah dan Wisata Religi"

[Gambas:Video 20detik]



(haf/tor)