Waka MPR Minta Deteksi Maksimal: Banyak yang Ragu RI Bebas Virus Corona

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 11:17 WIB
Lestari Moerdijat
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (Foto: Dok. MPR RI)
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta pemerintah, khususnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes), meningkatkan pendeteksian virus Corona di Indonesia. Lestari menyebut banyak pihak yang tidak yakin kalau Indonesia bebas dari virus tersebut.

"Kita perlu meningkatkan kewaspadaan, khususnya dalam mendeteksi virus ini. Meskipun dinyatakan belum ditemukan di Indonesia, dan kita mensyukuri ini, namun, dengan perkembangan dunia saat ini, kita tetap harus waspada dan masih ada potensi kemunculan virus corona di Indonesia," kata Lestari kepada wartawan, Kamis (27/2/2020).

Lestari mengatakan data Organisasi Kesehatan Internasional (WHO) pada 25 Februari menyatakan ada 908 kasus baru virus Corona. Dia menyebut ada 2.459 kasus di 33 negara di luar China.

Data pemerintah Indonesia, sebut politikus NasDem yang kerap disapa Rerie itu, ada 62 spesimen yang diambil dari hidung dan tenggorokan dari 28 rumah sakit di 16 provinsi. Hasilnya, 59 dinyatakan negatif dan tiga di antaranya masih dalam pemeriksaan.

"Banyak pertanyaan perihal data penyebaran virus tersebut di Indonesia. Bahkan banyak yang mempertanyakan, apakah Indonesia luar biasa beruntung atau deteksi yang buruk?" ungkapnya.

Simak Juga Video "Lawan Corona, Hongkong Kucurkan Anggaran Masif"

[Gambas:Video 20detik]