Kabareskrim Kumpulkan Reskrim-Kamneg Se-RI Bahas Sistem Laporan Gakkumdu

Idham Kholid - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 11:21 WIB
Bareskrim menggelar pelatihan penanganan tindak pidana pemilihan dan sentra laporan sentra gakkumdu pemilihan 2020.
Bareskrim menggelar pelatihan penanganan tindak pidana pemilihan dan sentra laporan sentra gakkumdu pemilihan 2020. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Kabareskrim Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumpulkan Direktur Reserse Kriminal Umum hingga Kasubdit I/Kamneg Polda se-Indonesia. Pertemuan itu guna pelatihan penanganan tindak pidana pemilihan dan sentra laporan sentra gakkumdu pemilihan 2020.

Pelatihan itu digelar selama satu hari di Aula Bareskrim Polri, Lantai 9 Gedung Awalloedin Djamin, Jalan Trunojoyo 3, Kamis (27/2/2020). Kabareskrim ingin jajarannya memahami penanganan tindak pidana pilkada dan tata cara penginputan laporan Sentra Gakkumdu Pilkada 2020.

"Adanya kesamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindak para peserta dalam mewujudkan sinergi dengan para pemangku kepentingan lainnya, guna mengantisipasi perkembangan situasi Kamtibmas dalam rangka pengamanan Pemilihan Serentak Tahun 2020," kata Listyo.

Listyo juga berharap pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 berjalan kondusif. "Terwujudnya situasi Kamdagri yang mantap dan kondusif menjelang, saat, dan pasca-pelaksanaan Pemilihan Serentak tahun 2020," ujarnya.

Pelatihan ini diikuti 209 orang yang terdiri dari Direktur Reskrimum dan Kasubdit I/Kamneg Polda se-Indonesia. Ada juga Operator Sentra Gakkumdu semua polda selain Polda Metro dan Polda Aceh, jajaran Dit Tipidum dan Dit Tipidsiber Bareskrim, dan lainnya.

Kabareskrim Kumpulkan Reskrim-Kamneg se-RI Bahas Sistem Laporan GakkumduWakabareskrim Irjen Antan Novambar bersama Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Brigjen Ferdi Sambo (Foto: Istimewa)

Selain dari kalangan internal Polri, paparan dalam pelatihan ini juga disampaikan dari KPU, Bawaslu, hingga ahli pidana.

(idh/fjp)