Pengganti Wahyu Setiawan dan PAW Menteri di DPR Diparipurnakan Hari Ini

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 10:25 WIB
Ketua DPR Setya Novanto dijadwalkan memimpin sidang paripurna setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Nyatanya, rapat paripurna hari ini tak dipimpin oleh Novanto.
Foto ilustrasi (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

DPR akan menggelar penutupan masa sidang kedua tahun 2019-2020 hari ini. Rapat mengagendakan pelantikan anggota pergantian antarwaktu (PAW) untuk ketiga Menteri Kabinet Indonesia Maju serta penetapan pengganti Wahyu Setiawan sebagai Komisioner KPU.

Rapat paripurna dijadwalkan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (27/2/2020) pukul 11.00 WIB. Ketua DPR Puan Maharani akan memimpin rapat.

Salah satu agenda rapat paripurna adalah laporan Komisi II DPR RI terhadap pergantian calon anggota KPU dilanjutkan pengambilan keputusan. Komisi II sebelumnya telah menyetujui I Dewa Raka Sandi menjadi Komisioner KPU menggantikan Wahyu Setyawan.

"Dengan demikian Komisioner KPU yang mengundurkan diri karena kasus hukum segera ada penggantinya, agar jumlah anggota KPU lengkap sehingga mereka siap menghadapi tahapan-tahapan pilkada serentak," ujar Puan dalam keterangannya, Kamis (27/202020).

Puan juga akan menyampaikan pidato penutupan masa sidang II tahun 2019-2020. DPR akan memasuki masa reses mulai 28 Februari 2020.

Rapat paripurna sebelum didahului dengan pelantikan anggota pergantian antarwaktu (PAW). Anggota yang dilantik menggantikan Yasonna Laoly, Juliari Batubara, dan Johnny G Plate yang telah menjadi Menteri Hukum dan HAM, Menteri Sosial, dan Menteri Komunikasi dan Informatika.

"Ada tiga orang yang akan dilantik. Mereka adalah pengganti anggota DPR yang diangkat menjadi menteri kabinet," ujar Puan.

(azr/dnu)