Saudi Setop Umrah, Komisi VIII DPR Kaget: Indonesia Bebas Corona!

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 10:08 WIB
Tubagus Ace Hasan Syadzily
Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzily (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Arab Saudi menghentikan sementara kunjungan umrah karena merebaknya virus corona. Komisi di DPR yang membidangi masalah agama kaget dengan kebijakan Saudi. Indonesia dijamin bebas corona, maka seharusnya Saudi tidak perlu khawatir dengan jemaah umrah Indonesia

"Terus terang kami sangat kaget ya dengan kebijakan Arab Saudi yang menghentikan sementara calon jemaah umrah akibat virus corona," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Rabu (27/2/2020).

Ace masih ingat, Saudi dahulu juga menghadapi merebaknya virus MERS pada 2013. Saudi siap menghadapi kondisi tersebut. Kini Corona jenis baru menyeruak. Dia masih menunggu penjelasan resmi dari Saudi, apakah benar Indonesia masuk dalam daftar negara yang disetop sementara oleh Saudi gegara corona.

"Selain bahwa Indonesia sejauh ini masih terbebas dari virus corona, saya kira yang harus dipertimbangkan kemungkinan adanya persebaran virus Corona yang bisa jadi dapat menular kepada WNI yang merupakan jemaah umrah," kata Ace.

WNI yang bakal menunaikan ibadah umrah juga perlu dilindungi dari corona. Dia memahami Saudi pasti punya pertimbangan kuat sebelum mengeksekusi kebijakan tersebut. Saudi adalah negara yang selalu didatangi warga dunia, termasuk warga muslim China.

"Yang kami pikirkan tentu para jemaah umroh yang sudah diagendakan untuk melakukan pemberangkatan saat ini. Tentu mereka sangat berharap bisa berangkat sesuai dengan schedule yang telah ditetapkan oleh travel," kata Ace.

Selanjutnya
Halaman
1 2