Viral Foto Kades Mesum dengan Sekdes di NTT, Warga Lapor Polisi

Idham Kholid - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 18:44 WIB
poster
Foto ilustrasi media sosial (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Warga Desa Bolatena, Kecamatan Landu Leko, Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), resah atas keberadaan foto mesum diduga kepala desa berinisial YM dan sekretaris desanya, YIE, yang viral di media sosial. Warga pun membuat laporan ke polisi.

"Karena viral warga merasa tak nyaman dan melaporkan ke polres," kata Kapolres Rote Ndao AKBP Bambang Hari Wibowo saat dihubungi detikcom, Rabu (26/2/2020).

Kasus itu dilaporkan dengan Laporan Polisi Nomor: LP/14/II/2020/ Res Rote Ndao pada 19 Februari 2020. Foto tersebut diunggah oleh sebuah akun Facebook sekitar November atau Desember 2029. Namun video itu baru viral bulan ini. Posting-an itu menyebut pasangan yang ada di foto mesum adalah kades dan sekdes.

"Kita harus cek dengan ahli itu apakah betul foto itu asli. Sementara yang jadi masalah, akun (yang posting) ini sudah tidak ada semua, sudah dihapus," ujarnya.

Bambang mengatakan kasus ini berkaitan dengan UU ITE. Polisi juga akan melibatkan ahli dalam menyelidiki kasus ini.

Kasus ini masih penyelidikan. Belum ada penetapan tersangka. Sedangkan kepala desa yang diduga mirip dengan foto yang beredar itu juga sudah beberapa kali dipanggil polisi.

"Masih penyelidikan," tuturnya.

(idh/tor)