Jokowi Ungkap Kenapa ABK World Dream Dievakuasi Duluan dari Diamond Princess

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 12:35 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara mengenai alasan ABK di World Dream dievakuasi terlebih dahulu dibanding kru kapal pesiar asal Indonesia di Diamond Princess, Jepang. Jokowi mengatakan jumlah WNI yang berada di World Dream lebih banyak.

"Jadi kita ini mendapatkan dua hal yang harus kita selesaikan secara bersamaan, yaitu ABK yang ada di World Dream dan ABK, kru yang ada di Diamond Princess. Kemarin sudah rapatkan beberapa kali dan diputuskan terlebih dahulu yang berada World Dream. Jumlahnya lebih banyak, yaitu 188, yang itu juga berada di dekat kita sehingga kita putuskan saya perintahkan ini diselesaikan dulu, pakai KRI Soeharso dan dibawa," kata Jokowi di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (26/2/2020).

Jokowi mengatakan para ABK World Dream selanjutnya dibawa ke Pulau Sebaru. Sejumlah fasilitas sudah disiapkan di sana.

"Dibawa ke mana? Kemarin ada persoalan karena kapasitas karena fasilitas-fasilitas yang ada di pulau dalam menyelesaikan ini. Akhirnya diputuskan di Pulau Sebaru di Kepulauan Seribu," ujar dia.

Sebelumnya, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono, mengatakan proses evakuasi akan dimulai pukul 10.00 WIB saat KRI Soeharso tiba di Selat Durian. Kemudian, para ABK akan terlebih dahulu menjalani tes kesehatan. Setelahnya, pukul 14.00 WIB, KRI Dr. Soeharso (SHS) akan bertolak ke Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta.

"Rencananya, rekan kita WNI dalam ini ABK World Dream akan melaksanakan transfer ke World Dream ke KRI SHS yang rencananya nanti jam 10.00 WIB. Kemudian akan dilaksanakan apa namanya tes darah kemungkinan dari Kemenkes. Setelah itu kurang-lebih jam 13.00 WIB atau jam 14.00 WIB kapal SHS akan tolak menuju ke Sebaru," ujar Yudo di Markas Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (26/2).

Yudo memprediksi KRI Soeharso yang membawa 188 WNI ABK dari World Dream akan tiba di Pulau Sebaru, Jumat (28/2). Setelah tiba, ke-188 WNI tersebut akan langsung ditempatkan di lokasi observasi.

"Sehingga harapannya kita hari Jumat mereka sudah datang di Sebaru, kurang-lebih jam 16.00 WIB. Nanti akan kita transfer ke darat," ucap dia.

188 WNI di Kapal World Dream akan Berangkat ke Sebaru:

[Gambas:Video 20detik]

(knv/gbr)