ADVERTISEMENT

Pemprov DKI: IMB AEON Jakarta Garden City Terbit di 2015

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 11:53 WIB
Suasana di AEON Mall JGC Cakung usai diserang warga.
Foto: Suasana di AEON Mall JGC Cakung usai diserang warga. (Sachril-detikcom)
Jakarta -

Warga memprotes AEON Jakarta Garden City (JGC), Cakung, Jakarta Timur karena merasa bangunan tersebut menyebabkan banjir. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebut AEON JGC telah mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB).

"(IMB dikeluarkan) 2015. Salah satu syarat IMB adalah AMDAL," kata Kepala Dinas Penanaman Modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Benny Agus Chandra, saat dihubungi, Rabu (26/2/2020).

Namun, jika masyarakat ada yang menyebut bangunan membuat perumahan warga banjir, maka harus ada pemeriksaan terhadap AEON JGC tersebut.

"Harus dilakukan audit kepatuhan terhadap izin dengan eksisting di lapangan," ucap Benny.

Seperti diketahui, Selasa (25/2), telah terjadi penyerangan di AEON Mall JGC, Cakung, Jakarta Timur. Warga menyerang mal tersebut karena merasa terkena dampak banjir akibat kehadiran mal tersebut.

"Permasalahannya mereka merasa kebanjiran, cuma kami kan menangani situasinya saja," kata Kapolres Jakarta Timur Kombes Arie Ardia, Selasa (25/2).

Sementara itu, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan Pemprov DKI meminta pihak pengelola menunaikan kewajiban yang tertuang dalam kerja sama di antara kedua belah pihak.

"Jadi sudah diinstruksikan kepada Jakarta Garden City untuk menunaikan kewajiban-kewajibannya yang tertuang dalam Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah (SIPPT) yang telah ditandatangani Pemprov dengan pihak JGC," kata Saefullah, di Pintu Air Manggarai, Selasa (25/2).

Saefullah mengatakan salah satu kewajiban pihak JGC adalah menyediakan lahan seluas 25 hektare untuk pembangunan waduk dengan fasilitas pompa dan saluran air yang memadai. Ia mengatakan hal itu sesuai dengan kesepakatan yang telah terjalin beberapa tahun lalu.

Kata Anies Cs Tanggapi Rusuh Massa di AEON Mall Cakung:

[Gambas:Video 20detik]

(aik/zlf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT