Asyik Isap Ganja di Penginapan Sabang, Turis Prancis Ditangkap

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 10:47 WIB
Warga Canberra Kini Bisa Tanam Dua Pohon Ganja Untuk Dipakai Sendiri
Ilustrasi Ganja (ABC Australia)
Sabang -

Seorang warga negara (WN) Prancis berinisial LMPG (37) ditangkap saat tengah asyik mengisap ganja di sebuah penginapan di Sabang, Aceh. Saat dibekuk, dia sempat mengira polisi adalah temannya.

"Ketika polisi datang, dia tengah asyik isap ganja, bahkan dia mengira anggota kita itu temannya. Waktu kita tangkap, di atas tempat tidurnya berserakan biji serta daun ganja," kata Kapolres Sabang AKBP Muhammadun kepada wartawan, Rabu (26/2/2020).

Penangkapan turis yang tengah berlibur di Sabang ini berawal dari tertangkapnya pengedar dan pengguna ganja pada Senin (24/2). Dua orang pertama yang diciduk yaitu Az (26) dan YA (58). Keduanya asal Sabang.

Setelah menciduk keduanya, polisi pun melakukan pengembangan. Salah satu pelaku membocorkan nama bule Prancis tersebut yang tengah menginap di penginapan di kawasan wisata pasir putih Gampong Keunekai, Sabang.

Polisi bergerak ke penginapan, lalu melakukan penangkapan. Di lokasi, polisi juga menemukan ganja dalam gulungan besar yang disimpan LMPG di dalam tasnya.

"Dia menunjukkan sikap kooperatif saat kita tangkap. Dia baru sadar anggota kita polisi setelah ditunjukkan lencana," jelas Kapolres.

Setelah menciduk turis Prancis, polisi kembali melakukan pengembangan dan menangkap MY (34). Para tersangka mengaku mendapatkan ganja tersebut dari AZ, yang dibawa dari Banda Aceh.

"Kita akan terus mendalami kasus ini. Terhadap WN Prancis, akan ditangani secara khusus dan nanti akan kita lapor ke Polda, dari Polda ke Mabes, baru nanti ke Duta Besar untuk menjalani bagaimana proses hukum selanjutnya," sebut Muhammadun.

Tonton juga video 4 Pembuat Ganja Sintetis di Surabaya Dibawa ke Jakarta:

[Gambas:Video 20detik]

(agse/zlf)