Banjir Rendam TPU Karet Bivak, Rumput dan Tanah Makam Ikut Rusak

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 09:25 WIB
Penampakan tak biasa muncul usai hujan deras yang mengguyur Jakarta. Penampakan setinggi satu meter tersebut adalah banjir yang menggenangi TPU Karet Bivak
Penampakan banjir di TPU Karet Bivak. (Foto: Wilda Hayatun Nufus)
Jakarta -

Banjir ikut merendam sebagian area pemakanan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak. Pemprov DKI Jakarta menyebut ada 11 blad makam yang terendam di area tersebut.

"Kurang lebih 11 blad dan masin-masing blad berbeda-beda jumlah petak makamnya. Saya belum tahu pasti jumlah petak makamnya karena menghitungnya juga sulit ketika badan makamnya terendam air," kata Kepala Sudin Kehutanan Jakarta Pusat, Mila Ananda, saat dihubungi, Selasa (25/2/2020) malam.

Mila mengatakan area yang terendam banjir adalah bagian cekungan atau area paling rendah di TPU. Sebagian kawasan TPU Karet juga lebih rendah dari permukaan jalan dan saluran luar sehingga area tersebut lebih mudah terendam saat hujan.

"Muka air di kali belakang TPU sejak kemarin juga tinggi sehingga air juga masuk ke area TPU. Saat tadi hujan reda pun, genangan bertambah dan kami berusaha mencari penyebabnya. Kami juga akan coba koordinasi dengan SDA (Dinas Sumber Daya Air-red) untuk cari solusi," ujarnya.

Akibat terendam banji, rumput dan tanah pemakanan di TPU Karet Bivak rusak. Meski begitu Sudin Kehutanan Jakpus belum bisa memastikan tingkat kerusakan di area makam yang terdampak banjir.

Tonton video Anies: 294 RW Terendam Banjir, 15 Ribu Warga Mengungsi:

Selanjutnya
Halaman
1 2