Atasi Banjir Jakarta, PUPR Bangun Rumah Pompa-Siapkan Pompa Mobile

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 17:26 WIB
Sejumlah warga melintasi banjir di RT 2 RW 3 Rawadas, Pondok Kopi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir yang melanda kawasan ini mencapai 90 meter.
Banjir di Jakarta Timur (Agung Pambudhy/detikcom)

Sementara itu, untuk jangka pendek, Basuki mengatakan Kementerian PUPR telah menyiapkan pompa-pompa mobile. Basuki sudah berkoordinasi dengan Menteri PUPR terkait itu.

"Saya sudah persiapkan juga pompa-pompa mobile lebih banyak, saya minta juga Pak Erick Menteri BUMN, agar BUMN membeli pompa-pompa mobile jadi aset mereka, tapi saat begini akan jadi aset bersama," ujarnya.

Saat ditanya siapa pihak yang bertanggung jawab soal drainase di Ibu Kota, Basuki menegaskan semua pihak bertanggung jawab. Dia pun meminta tak ada pembedaan kewenangan dalam mengatasi banjir di Jakarta.

"Gini, kalau soal ibu kota negara semua bertanggung jawab, termasuk saya, jangan dibeda-bedakan kewenangan karena ini Ibu Kota negara, yang penting jangan ada duplikasi pekerjaan. Saya ini kan di PU sejak kepala seksi, kepala subdit, direktur, dirjen SDA jadi saya kenal dengan kepala dinas SDA provinsi, ketemunya pun di lapangan, pasti di Manggarai jam 2 malam, jam 6 pagi pasti ketemu kalau pas kondisi hujan begini, komitmen kami jangan ada duplikasi, pompa mana saja datang duluan, karena ini ibu kota negara, itu kan kewenangan kan hanya untuk sistematika saja, tapi kondisi darurat banjir kita bersama," ungkap dia.


(mae/idh)