RS PGI Cikini Tepis Foto Viral Terendam Banjir

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 17:06 WIB
RS Cikini
RS Cikini Foto: Tiara Aliya/detikcom
Jakarta -

Di media sosial Twitter beredar viral foto yang disebut sebagai kondisi salah satu ruang Rumah Sakit PGI Cikini yang terendam banjir sekitar 30 cm. Di dalam foto tersebut juga nampak ada seorang pasien laki-laki yang duduk di kursi roda beserta sejumlah alat-alat medis.

Foto itu diberi keterangan 'Rumah sakit Cikini hari ini 25-2-2020' yang disebarkan oleh satu akun di Twitter. RS PGI Cikini membantah adanya informasi tersebut dan mengatakan tak mengalami kebanjiran.

"Bukan. Nih sampai saya email sampai ke direktur saya lapor nih, saya bilang ini kan yang dibilang (sambil nunjuk foto)? Ini enggak, makanya saya juga bingung ini rumah sakitnya di mana ini?," kata Kepala Bidang Humas RS PGI Cikini, Meli di RS Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020).

Meli menerima informasi tak benar itu saat banjir merendam sejumlah titik Jakarta pagi tadi. Dia menegaskan foto banjir tersebut bukanlah kondisi RS Cikini.

"Perlu kami beritahukan bahwa gambar tersebut bukanlah kondisi atas keadaan di RS Cikini," ucapnya.

Meli menceritakan, bahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov DKI Jakarta sempat menghubungi RS Cikini untuk menawarkan bantuan karena mengetahui informasi bohong tersebut. Meli pun menyampaikan ke Dinkes bahwa foto tersebut bukanlah kondisi RS Cikini yang alami kebanjiran.

"Ke mana-mana ini sampai Dinas Kesehatan konfirmasi sampai bilang apa yang perlu kami bantu, kita bilang gini dan kirim foto ini, ini bukan rumah sakit kami gitu," ujarnya.

(rfs/hri)