Fadli Zon Sebut Jakarta Banjir Akibat Siklon Tropis, Ini Analisis LAPAN

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 14:26 WIB
Fadli Zon
Foto: Fadli Zon (Lisye/detikcom)
Jakarta -

Waketum Gerindra Fadli Zon menyebut banjir yang melanda DKI Jakarta akibat siklon tropis. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengungkap penyebab banjir Jakarta.

"Juga di-maintain atau diperkuat adanya Tropical Cyclone (siklon tropis) sejak tanggal 22 Februari sampai sekarang sehingga terjadilah pembentukan awan konvektif local yang menyebabkan hujan dini secara persisten diatas Jakarta," kata Peneliti Sains dan Teknologi Atmosfer Lapan, Trismidianto kepada wartawan, Selasa (25/2/2020).

Siklon tropis merupakan badai dengan kekuatan yang besar. Radius rata-rata siklon tropis mencapai 150 hingga 200 km. Siklon tropis terbentuk di atas lautan.

Trismidianto mengatakan analisis ini berdasarkan pengamatan TREAK (Tim Reaksi Analisis Kebencanaan) Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer. Dia menjelaskan banjir ini juga merupakan imbas angindi permukaan atmosfer yang berasal dari Laut Tiongkok Selatan.

"Bahwa kejadian banjir Jakarta dalam waktu 3 hari ini, dikarenakan adanya penguatan angin dari utara di permukaan atmosfer yang berasal dari Laut Tiongkok Selatan yang secara meteorologi sering disebut CENS (Cross Equatorial Northerly Surge), membawa uap air dingin dan awan dari selat Karimata sejak tanggal 18 Februari 2019," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2