KPAI Bentuk Dewan Etik, Tindak Pernyataan 'Hamil di Kolam Renangʻ

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 13:56 WIB
KPAI
KPAI menggelar konferensi pers soal ucapan Sitti Hikmawatty. (Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta -

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengatakan membentuk Dewan Etik untuk menindaklanjuti pernyataan salah satu komisionernya, Sitti Hikmawatty, tentang 'perempuan berenang bersama pria bisa hamil'. Dewan Etik terdiri atas 3 orang.

"Makanya menindaklanjuti hal tersebut, KPAI telah melakukan rapat pleno Senin kemarin, tepatnya 24 Februari 2020, pukul 16.40 sampe 19.43 WIB. Rapat pleno ini memutuskan membentuk Dewan Etik yang beranggotakan tiga tokoh," kata Susanto dalam konferensi pers di Kantor KPAI, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020).

Susanto menuturkan fungsi Dewan Etik nantinya akan memberikan rekomendasi kepada KPAI terkait pernyataan kontroversial Sitti.

"Ya secara umum tugas Dewan Etik mengklarifikasi kepada yang bersangkutan, ke pihak terkait dan mendalami terkait statement yang bersangkutan. Tentu menyampaikan rekomendasi apa yang terbaik dari proses ini kepada pleno KPAI dan nanti kita putuskan," ujar Susanto.

"Jadi putusan KPAI secara kelembagaan mempertimbangkan rekomendasi dari Dewan Etik," imbuh dia.

Susanto menjelaskan, pernyataan Sitti Hikmawatty merupakan sikap pribadi. Dia menegaskan itu bukan sikap dari lembaga KPAI.

Selanjutnya
Halaman
1 2