Underpass Kemayoran Hampir Tenggelam, Banjir Capai 7 Meter

M Ilman Nafi'an - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 11:14 WIB
Underpass Kemayoran banjir/M Ilman Nafian-detikcom
Underpass Kemayoran Banjir (M Ilman Nafi'an/detikcom)
Jakarta -

Hujan deras semalam mengakibatkan underpass Gandhi School di Kemayoran, Jakarta Pusat, dilanda banjir. Ketinggian banjir di underpass ini mencapai 7 meter.

Ketinggian banjir ini membuat underpass ini tampak tenggelam. Tidak terlihat ada terowongan karena terendam air.

"Banjir tingginya sekitar 7 meter. Air mulai tinggi pas tadi subuh," ujar anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan RW 12, Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat, Budiayatno saat berbincang dengan detikcom di lokasi, Selasa (25/2/2020).

Budiayatno mengatakan underpass Kemayoran kembali banjir karena curah hujan semalam tinggi. Selain itu, saluran air yang mengarah langsung ke Ancol sudah bisa menampung debit air.

"Kalau kali ada, saluran-saluran itu kan bawah ini kan saluran got pembuangannya langsung ke Ancol. Mungkin di sana juga nggak nampung juga ya nyampe sini," ucap dia.

Menurutnya, banjir di underpass Kemayoran pada 2020 ini paling parah. Budi mengatakan sudah enam sampai tujuh kali banjir underpass Kemayoran pada 2020 terjadi.

"Udah sering di tahun 2020 ini, udah hampir enam sampai tujuh kali underpass ini banjir," kata dia.

Saat ini belum terpantau ada kegiatan penyedotan. Sebab, saluran air yang ada di sekitar underpass juga masih terendam banjir.

"Belum dipompa, nanti nunggu salurannya surut dulu," kata dia.

(zlf/zlf)