Kali Baru Bekasi Meluap, Warga Evakuasi Alat Elektronik-Pakaian

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 09:28 WIB
Banjir akibat Kali Baru Bekasi meluap (Isal Mawardi/detikcom)
Foto: Banjir akibat Kali Baru Bekasi meluap (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi -

Kali Baru, Kota Bekasi, meluap dan menimbulkan banjir. Warga mulai menaikkan alat-alat elektronik dan pakaian ke tempat yang lebih tinggi.

Pantauan detikcom, Selasa (25/2/2020), tampak Kali Baru, Kelurahan Kalibaru, Medan Satria, Kota Bekasi, meluap. Tinggi air lebih tinggi 50 cm dari permukaan jalan. Namun, air masih terhalang oleh turap yang membatasi antara kali dan Jalan Mawar I.

Karena aliran air cukup deras, beberapa kali air di kali tumpah ke jalan. Tak jarang rongsokan seperti kerangka kursi dan meja terbawa arus Kali Baru.

Warga terlihat memarkirkan motor-motor ke tempat yang lebih tinggi, di antaranya warung makan dan toko roti. Sebagian warga tampak mengangkut alat-alat elektronik ke lantai dua rumah.

"Saya udah naikin barang-barang (elektronik dan pakaian), motor udah di depan (toko roti)," ujar seorang warga Umar kepada detikcom.

Umar mengatakan hujan turun sejak pukul 00.00 WIB. Genangan mulai nampak pukul 02.30 WIB.

"(Tinggi air) 20-30 cm," lanjutnya.

Warga lainnya, Tikno, juga melakukan tindakan antisipasi serupa. Ia turut mengamankan sejumlah dokumen-dokumen penting.

"Antisipasi barang-barang (elektronik), ditaruh di tempat yang lebih tinggi, elektronik, pakaian, surat-surat penting," lanjutnya.

Ia berharap Pemkot Bekasi bertindak cepat menuntaskan masalah ini. "Mereka (pejabat pemda) setidaknya harus terjun ke lapangan melihat sikon, khususnya Kranji, agar lebih saran-saran warga didengar," imbuh Tikno.

(isa/gbr)