RSMH Palembang Pastikan Pasien yang Diisolasi Negatif Corona

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 21:04 WIB
Kadinkes saat menjelaskan hasil laboratorium pasien TH di Aula Dinkes.
Kadinkes saat menjelaskan hasil laboratorium pasien TH di Aula Dinkes. (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang -

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Lesty Nuraini memastikan pasien yang diisolasi di RS Muhamad Hoesin (RSMH) Palembang negatif Corona. Kepastian ini didapatkan setelah hasil sampel laboratorium menyatakan negatif.

"Dari hasil sampel, pasien TH yang telah dirawat di RSMH Palembang dinyatakan negatif virus Corona," kata Lesty Nuraini ditemui di Aula Dinas Kesehatan Sumsel, Senin (24/2/2020).



Diakui Lesty, kabar yang mengatakan TH terjangkit virus Corona membuat warga panik. Apalagi lansia berusia 62 tahun tersebut memang selalu bolak-balik Malaysia untuk menjalani kontrol kesehatan karena jantung.

"TH dirawat di Rumah Sakit Charitas ini setelah ia dirujuk ke RSMH Palembang dan dilakukan prosedur pengawasan. Jadi memang sesuai prosedur ya harus dirawat khusus," katanya.

Tidak hanya itu, saat diperiksa, suhu tubuh pasien TH juga normal. Sebab, TH hanya mengalami sesak napas dan hasil diagnosisnya menunjukkan ia mengidap pneumonia setelah terkena bakteri.

"Tanggal 17 Februari 2020 dirujuk, lalu 2 hari kemudian diambil sampelnya sama BPLK Sumsel. Selesai itu sampel dikirim ke Litbangkes Jakarta dan hasil negatif," kata Lesty.



Untuk mencegah virus Corona, dia juga mengimbau warga Sumatera Selatan hidup sehat. Termasuk memakai masker saat berada di keramaian atau aktivitas di luar rumah.

Perlu diketahui, kabar TH diisolasi dan dirawat khusus di RSMH Palembang sempat membuat heboh masyarakat. Namun hasil laboratorium dipastikan pasien TH negatif Corona.

(ras/idn)