Unsur Radioaktif Dicari di Rumah Warga Batan Indah untuk Dekontaminasi

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 17:35 WIB
Pembersihan limbah radioaktif di Komplek Batan (Sachril Agustin-detikcom)
Pembersihan limbah radioaktif di Kompleks Batan. (Sachril Agustin/detikcom)
Jakarta -

Polisi melakukan pencarian unsur Cs 137 di rumah warga perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Pencarian ini disebut sebagai temuan awal.

"Ya (pencarian Cs 137 di rumah warga) bagian dari penemuan-penemuan awal. Jadi kita lakukan proses dekontaminasi dengan tim gabungan dari Bareskrim, dari Bapeten, Batan, Gegana. Kemudian mengamankan kompleks di area Batan Indah ini," kata Kapolres Tangerang Selatan AKBP Iman Setiawan, di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, Senin (24/2/2020).

Dekontaminasi adalah upaya mengurangi dan/atau menghilangkan kontaminasi, dalam hal ini unsur radioaktif.

Diketahui, limbah radioaktif di perumahan Batan Indah mengandung unsur Cs 137. Namun, Iman enggan menjelaskan hasil pencarian Cs 137 di rumah warga Blok A perumahan Batan Indah.

Dia pun tidak menjelaskan maksud penemuan awal itu. Apakah temuan awal ini berkaitan dengan asal-usul limbah radioaktif di lapangan Batan Indah, belum diketahui.

Iman hanya mengatakan pencarian Cs 137 di rumah warga ini dilakukan oleh tim gabungan, yakni dari Bareskim, Gegana, Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten).

Pencarian Cs 137 di rumah warga ini, lanjutnya, adalah sebuah proses dekontaminasi.

"Perkembangan, temuan, dan hasil penyelidikan akan kami sampaikan. Nanti kita sampaikan secara lengkap. Itu yang nanti kita sampaikan. Tunggu waktunya aja," pungkas dia.

(zlf/zlf)