Menko PMK: KRI Soeharso Jemput WNI di Kapal World Dream 26 Februari

Yogi Ernest - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 17:19 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy (Andhika Prasetia/detikcom)
Menko PMK Muhadjir Effendy (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 188 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi anak buah kapal (ABK) World Dream akan dievakuasi pada 26 Februari 2020. Para WNI tersebut akan diobservasi di Pulau Sebaru di gugusan Kepulauan Seribu selama 14 hari.

"Estimasi pemindahan 188 ABK dari kapal (World Dream) ke kapal (KRI Soeharso) atau boat on boat akan dilakukan pada tanggal 26 Februari pukul 10.00 WIB di Selat Durian dan akan tiba di Pulau Sebaru tanggal 28 Februari sekitar jam 09.00 WIB," ujar Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi usai melakukan Rakor Tingkat Menteri di Kemenko PMK, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Muhadjir menjelaskan 188 WNI tersebut akan dievakuasi dari Kapal World Dream menggunakan KRI Soeharso. Pemindahan ratusan WNI itu akan dilakukan di Selat Durian, Kepulauan Riau.

Mereka kemudian akan dibawa menuju Pulau Sebaru untuk diobservasi selama 14 hari. Muhadjir mengatakan proses observasi tidak akan berbeda seperti yang pernah dilakukan di Pulau Natuna.

"Penanganan observasi akan dilakukan seperti yang pernah WNI dari Wuhan dilakukan di Natuna. Waktu 14 hari sejak kedatangan di pulau yang ditetapkan. (Sebanyak) 188 ABK dari World Dream akan diobservasi di Pulau Sebaru Kecil yang akan diperkuat oleh Kapal Rumah Sakit dr Soeharso," tuturnya.

Muhadjir menegaskan pemerintah akan sangat penuh tanggung jawab dan berhati-hari dalam mengevakuasi dan mengobservasi para ABK. Keamanan 260 juta WNI di dalam negeri juga akan menjadi perhatian khusus pemerintah.

"Pemerintah akan sangat berhati-hati dan penuh tanggung jawab untuk mengamankan dan mengobservasi ABK dan bertanggung jawab berkaitan jumlah WNI yang harus dilindungi di dalam negeri sebanyak 260 juta," jelasnya.

Ada dua kelompok WNI anak buah kapal yang menjadi perhatian pemerintah, yakni ABK di Kapal World Dream dan di Kapal Princess Diamond. Saat ini, Kapal World Dream berada di Selat Johor dan Kapal Diamond Princess berada di Pelabuhan Yokohama, Jepang.

Pulau Sebaru Disiapkan untuk Isolasi WNI dari Kapal World Dream:

[Gambas:Video 20detik]

(mae/mae)