Sosok Mahathir Mohamad, Politikus Gaek yang Mengundurkan Diri

Tim detikcom - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 16:27 WIB
Former Malaysian Prime Minister Mahathir Mohamad speaks to the media during a rally organised by pro-democracy group
Mahathir Mohamad (REUTERS/Olivia Harris)
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad telah mengundurkan diri. Surat pengunduran dirinya sebagai PM telah diserahkan kepada Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah hari ini.

Pengunduran diri Mahathir ini muncul setelah beredar spekulasi pada Minggu (23/2/2020) bahwa pemerintahan baru akan menggantikan koalisi Pakatan Harapan.

Nama Mahathir telah malang-melintang di dunia perpolitikan. Buat kaum milenial, mungkin sosok Mahathir Mohamad terasa asing.

Berikut ini sosok Mahathir Mohamad:


1. Usia

Mahathir Mohamad lahir pada 10 Juli 1925. Saat ini, dia berumur 94 tahun. Di sebuah video, Mahathir pernah mengungkapkan salah satu rahasia sehatnya. Saat itu dia ditanya rahasia sehatnya. Mahathir mengungkapkan dia berhenti makan sebelum kenyang. Resep itu didapat dari ibunya.

Dalam wawancara dengan Strait Times, Mahathir menyebut selalu menjaga berat badannya di antara 62-64 kilogram. Menjaga berat badan ini sudah lama dilakukannya.

2. Seorang Dokter

Mahathir lahir dan besar di Alor Setar, Kedah. Setelah lulus sekolah, ia berprofesi sebagai dokter.

3. Politikus

Karir politiknya merentang selama lebih dari 70 tahun sejak ia bergabung dengan United Malays National Organisation (UMNO) pada 1946. Dia kemudian keluar dari UMNO pada 2016 dan mendirikan Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM) pada tahun yang sama.

Dia berkoalisi dengan mantan rival politiknya, Anwar Ibrahim, yang juga tokoh oposisi ternama Malaysia untuk melengserkan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

4. Perdana Menteri

Mahathir dilantik sebagai Perdana Menteri pada 16 Juli 1981 pada usia 56 tahun. Salah satu keputusan pertamanya adalah membebaskan 21 orang yang dijerat Undang-Undang Keamanan Dalam Negeri, termasuk wartawan Samad Ismail dan mantan wakil menteri kabinet Hussein, Abdullah Ahmad, yang diduga sebagai anggota gerakan komunis bawah tanah. Dia juga mengangkat sekutu dekatnya, Musa Hitam, sebagai Wakil Perdana Menteri.

Ia menjabat Perdana Menteri pada 1981-2003. Jabatannya itu menjadikannya dia Perdana Menteri dengan masa terlama.

Mahathir lalu menjabat Perdana Menteri lagi pada 10 Mei 2018. Hal ini seusai kemenangan bersejarah koalisi oposisi Pakatan Harapan yang dipimpin oleh Mahathir Najib Razak, calon perdana menteri dari koalisi petahana Barisan Nasional, menyatakan kalah dan mengakhiri masa pemerintahan Perdana Menteri Malaysia ke-6.

Sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-7, Mahathir adalah pemimpin negara petahana tertua di dunia (92 tahun 304 hari), disusul oleh Ratu Elizabeth II (92 tahun 19 hari). Ia juga merupakan pemimpin negara tertua ke-10 sepanjang sejarah. Sesuai dengan rencana asli Pakatan Harapan, Wan Azizah Wan Ismail, istri Anwar Ibrahim, menjadi wakilnya sekaligus Wakil Perdana Menteri perempuan pertama.


5. Keluarga

Mahathir memiliki istri bernama Siti Hasmah. Dia memiliki anak antara lain Marina Mahathir dan dua putra. Dua putra Mahathir terjun ke politik. Mokhzani Mahathir adalah pejabat senior UMNO Youth, lalu keluar dan mengurus karir bisnisnya. Mukhriz Mahathir juga terpilih sebagai anggota parlemen pada 2008. Pada 2013, Mukhriz menjadi Menteri Besar Kedah.


6. Buku Mahathir Mohamad

Mahathir Mohamad telah mengeluarkan banyak buku, seperti 'The Malay Dilemma' dan 'Doktor Umum: Memoir Tun Dr. Mahathir Mohamad'. Buku ini adalah versi bahasa Malaysia berjudul 'A Doctor in the House'. Lalu ada 'A New Deal for Asia', 'Islam & The Muslim Ummah', 'The Malaysian Currency Crisis: How and why it Happened,' dan 'Islam, Knowledge, and Other Affairs'.

7. Mahathir Mohamad Mundur

Mahathir Mohamad secara mengejutkan telah mengajukan surat pengunduran diri kepada Raja Malaysia hari ini. Ini dilakukan Mahathir setelah Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM) yang menaunginya memutuskan keluar dari koalisi pemerintahan Pakatan Harapan (PH) yang berkuasa. Berbagai spekulasi pun beredar bahwa PPBM akan membentuk pemerintahan baru tanpa Anwar Ibrahim.

Simak Video "Suhu Politik di Malaysia Memanas"

[Gambas:Video 20detik]

(nwy/erd)