Wanita Lhokseumawe yang Diduga Mesum dengan WN Portugal Diusir dari Kampung

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 15:11 WIB
poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Banda Aceh -

Perempuan di Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Aceh, berinisial YI (37), yang diduga berbuat mesum dengan warga negara Portugal dikenai sanksi adat. YI diusir dari kampung.

"Sudah diselesaikan secara adat kampung. Sudah diselesaikan semua, sudah beres. Sanksinya, pertama, perempuan itu dikeluarkan dari kampung. Kalau yang asing dia memang tidak di kampung kita," kata Kepala Desa Rafuddin saat dimintai konfirmasi wartawan, Senin (24/2/2020).

Menurut Rafuddin, WN Portugal berinisial JM (41) itu tidak dapat dikenai sanksi adat karena bukan warga setempat. Perangkat desa hanya dapat menjatuhkan hukuman terhadap warga mereka.

Setelah YI diusir dari kampung, Rafuddin mengaku tidak mengetahui lagi posisi perempuan tersebut. Menurutnya, sanksi yang dikenakan terhadap YI sudah sesuai dengan yang berlaku di kampung.

"Mereka tidak dinikahkan karena pihak lelaki secara pernyataannya tidak melakukan apa-apa. Sedangkan yang perempuan, pengakuannya, dia mengaku (mesum) karena takut dipukul massa," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2