Cari Sumber Limbah Radioaktif, Polisi Periksa Rumah Warga Batan Indah

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 14:50 WIB
limbah radioaktif
Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom
Jakarta -

Asal-usul limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), belum diketahui. Polisi masih mencari keberadaan radioaktif tersebut.

Diketahui, zat radioaktif di Perumahan Batan Indah mengandung unsur Cs 137. Polisi melakukan pencarian ke rumah warga.

Kapolres Tangerang Selatan AKBP Iman Setiawan membenarkan hal itu. Dia mengatakan penyelidikan masih dilakukan di rumah warga Perumahan Batan Indah.

"Iya, betul, sedang dilakukan penyelidikan dan penyidikan, ya," kata Iman ketika dihubungi, Senin (24/2/2020).

Namun Iman tak menjelaskan secara terperinci di rumah siapa pencarian Cs 137 itu. Iman pun tak menjelaskan apakah Cs 137 yang sedang dalam pencarian polisi itu sama seperti Cs 137 yang ada di sebuah lapangan Perumahan Batan Indah.

"Ini sedang dalam proses. Nanti kami kabarkan. Itu dulu, ya," pungkas dia.

Sebelumnya, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri turun tangan dalam perkara ditemukannya limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah, Tangsel. Pihak kepolisian sudah memeriksa tujuh saksi terkait kasus tersebut.

"Ya kan sudah dibentuk tim ya dari Mabes Polri, dari Polda, dan dari Polres dan Polsek. Dan kami sudah meminta keterangan kepada sekitar tujuh (saksi). Kemarin, dari 12, kami undang ada tujuh yang hadir. Tentunya nanti kami masih akan meminta keterangan yang lain," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono di Desa Ketapang, Mauk, Tangerang, Banten, Jumat (21/2).

(zlf/zlf)