Penipu Princess Lolowah Kerap Pindah-pindah Sebelum Ditangkap

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 14:35 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono (Rahel-detikcom)
Foto: Brigjen Argo Yuwono (Rahel-detikcom)
Jakarta -

Polisi telah menangkap salah satu tersangka kasus penipuan putri Arab Saudi, Princess Lolowah yang sempat buron. Kini, tersangka dengan inisial EMJ itu ditahan di Bareskrim Polri.

"Kemarin waktu hari Minggu, tanggal 23 Februari itu sekitar jam 04.00 WIB kita bisa menangkap DPO tersebut, tersangka EMJ ini di Palembang, Sumatera Selatan. Sekarang dibawa ke Bareskrim untuk dimintai keterangan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Argo Yuwono kepada wartawan di PTIK, Jalan Tritayasa Raya, Jakarta Selatan, Senin (24/2/2020).

Pada kesempatan itu, Argo menjelaskan kenapa polisi sempat kesulitan menemukan tersangka EMJ. Menurutnya, tersangka kerap kali berpindah-pindah lokasi dari satu hotel ke hotel lainnya.

"Dia (EMJ) berpindah-pindah. Alamat yang diberikan kita cek sudah tidak ada, dan kemudian juga menurut pengakuan anaknya, ya dia sering ke hotel, dalam kota, tiap kota itu pindah-pindah," tutur Argo.

Argo menjelaskan saat ini pihaknya akan mendalami keterangan dari tersangka EMJ. Namun, ia mengatakan atas tindakan penipuan yang dilakukan, tersangka diancam hukuman 5 tahun penjara.

"Ya kita kenakan 378 tentang penipuan, ancaman 5 tahun (penjara) ya," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Bareskrim menetapkan EMJ dan anaknya, AE, sebagai tersangka. AE sudah ditangkap dan ditahan lebih dulu. Sementara EMJ masih berstatus buronan beberapa waktu lalu.

Sebelumnya diberitakan, Princes Lolowah menjadi korban penipuan dengan kerugian sekitar USD 36 Juta atau Rp 512 miliar lebih. Polisi kemudian menangkap tersangka berinisial AE. Tersangka lain berinisial EMJ masih dalam pengejaran.

Selain menyita barang bukti mobil dan sejumlah dokumen, polisi memblokir rekening tersangka. Tujuh bidang tanah di Gianyar, Bali, juga disita.

Tonton Dulu Terkuak! Penipu Putri Saudi Princess Lolowah adalah Ibu dan Anak :

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)