Arena Skateboard Eks Asian Games Jadi 'Kolam Renang', Pemprov: Kami Keringkan

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 13:23 WIB
Sejumlah anak bermain di arena roller sport yang terendam air di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (23/2/2020). Arena roller sport yang merupakan tempat pelaksanaan cabang olahraga skateboard Asian Games 2018 yang lalu tersebut terbengkalai. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.
Foto: Arena skateboard eks Asian Games 2018 di Palembang terendam banjir (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Palembang -

Arena roller sport yang dulu pernah digunakan untuk skateboard saat Asian Games 2018 terlihat seperti kolam renang. Pemprov Sumatera Selatan telah melakukan penanganan.

"Kita sudah atasi untuk mengeringkan air tersebut. Sore ini sudah selesai dan tidak akan ada air lagi," tegas Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Selatan, Yusuf, Senin (24/2/2020).

Dikatakan Yusuf, arena roller sport yang berada di kompleks Jakabaring Sport City diketahui aktif digunakan. Namun untuk beberapa pekan terakhir sudah tidak lagi dipakai.

"Arena itu standard internasional, cukup rutin digunakan oleh pengurus. Namun beberapa pekan terakhir memang tidak dipakai karena ada event lain," katanya.

Sementara itu terkait arena yang hingga kini tidak pernah digunakan pasca Asian Games, Yusuf menyebut pihaknya masih menunggu Pengurus Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Poserosi) Sumsel. Begitu juga untuk event ke depan.

"Memang belum ada event digelar usai Asian Games, ke depan juga kita belum tahu. Tergantung dari pihak Pengprov," katanya.

Diakui Yusuf, ada beberapa venue di JSC yang belum digunakan secara maksimal. Namun, dia sudah berkoordinasi dengan seluruh pengurus cabang olahraga yang ada di Sumsel.

"Sayang kalau tidak digunakan, apalagi venue-venue di JSC itu sudah standard Internasional dan itu pasti menunjang kemampuan para atlet," tutup Yusuf.

Diketahui, arena roller sport yang pernah digunakan untuk Asian Games 2018 lalu terlihat terbengkalai dan ramai dibahas. Arena itu terendam air bak kolam renang dan dipakai untuk mandi oleh anak-anak.

Direktur Utama Jakabaring Sport City, Meina Paloh membenarkan hal itu. Ia mengatakan ada pompa yang sumbat dan perlu perbaikan.

"Itu kan pakai pompa. Pompanya itu lagi bermasalah, saya telah koordinasi sama Dinas PU Provinsi untuk perbaikan. Kami juga kemarin kan sedang fokus Thriatlon dan memang musim hujan," kata Meina.

(ras/gbr)