Kepala BNPB: WNI Dianggap Kebal Virus Corona, Mungkin karena Sering Minum Jamu?

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 12:58 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo (Rahel Narda/detikcom)
Jakarta -

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo mengatakan saat ini warga Indonesia dianggap lebih tahan terhadap virus Corona. Doni pun menduga hal itu lantaran warga Indonesia kerap mengkonsumsi jamu tradisional.

"Karena hari ini masyarakat Indonesia dianggap lebih tahan dibandingkan warga negara lainnya dalam mengatasi virus corona. Apakah mungkin karena kita sering minum jamu? Atau mungkin karena kita sudah kebal dari dulu karena sudah sering kena batuk pilek? Jadi begitu ada virus dikit aja virusnya mental," kata Doni dalam seminar bertajuk 'Penerapan Inovasi Teknologi dan Pendekatan Ekosistem dalam Penanggulangan Bencana Berbasis Kearifan Lokal', di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin (24/2/2020).

Doni mengungkapkan, sejak zaman dahulu, masyarakat selalu mengkonsumsi jamu tradisional untuk menyembuhkan penyakit. Karena itu, dia menilai rempah-rempah yang menjadi bahan dasar jamu dari Indonesia ke depannya bisa dipromosikan sebagai obat-obatan dunia.

"Jamu ini, Bapak-Ibu sekalian, perlu kita catat, karena orang-orang tua kita dulu jarang minum obat tetapi minum jamu. Dan ternyata bahan-bahan obat-obatan yang berasal dari rempah-rempah ini mungkin bisa jadi salah satu cara kita untuk mengkampanyekan untuk mempromosikan bahkan juga untuk menguasai pasar obat-obatan di dunia yang berbasis rempah-rempah tanah air kita," tuturnya.

Doni pun berharap Indonesia dapat ikut berperan dalam menemukan obat atau serum untuk mengatasi virus Corona.

"Mudah-mudahan kita menjadi bagian dari pihak yang bisa menemukan sejumlah serum sejumlah obat yang dapat mengatasi penyakit-penyakit yang permanen antara lain sekarang ini virus Corona. Siapa tahu," ujar Doni.

Seperti diketahui, hingga hari ini, belum ada satu pun kasus virus Corona yang terdeteksi di Indonesia. Sejumlah negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia, sendiri saat ini sudah melaporkan sejumlah kasus virus Corona di negaranya. Tercatat secara global, setidaknya 79 ribu orang telah dikonfirmasi positif virus Corona.

(mae/mae)