Round-Up

Beda Elektabilitas Anies di 2 Survei Capres 2024

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 07:06 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri penandatanganan kontrak untuk melanjutkan pembangunan proyek jalur MRT dari Bundaran HI menuju Harmoni.
Foto Anies Baswedan: Rengga Sancaya
Jakarta -

Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencuat di bursa capres 2024. Dua lembaga survei ini mengungkap besaran elektabilitas Anies.

Dari survei yang dirilis Indo Barometer dan Parameter Politik Indonesia (PPI)-Politika Research and Consulting (PRC), Anies secara berturut-turut menempati posisi kedua dan keempat. Posisi pertama diraih Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Prabowo meraih angka 22,5% di survei Indo Barometer, disusun Anies dengan angka 14,3%. Nama-nama lainnya yang masuk bursa adalah Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa, Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), hingga Mahfud Md. Selain Anies dan Prabowo, kandidat lainnya memperoleh angka di bawah 10%.

"Ini pilihan calon presiden tanpa Jokowi. Simulasi 22 calon presiden, Prabowo Subianto itu 22,5%, Anies Baswedan 14,3%, Sandiaga Salahuddin Uno 8,1%, Ganjar Pranowo 7,7%, Tri Rismaharini 6,8%, Agus Harimurti Yudhoyono 5,7%," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari di Hotel Century Park Senayan, Jakarta, Minggu (23/2).

Elektabilitas Anies Terjun Bebas, PKS Angkat Bicara:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3