Round-Up

Maaf Sitti KPAI Usai 'Hamil di Kolam Renang' Picu Kontroversi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 05:56 WIB
Kantor KPAI
Foto: Kantor KPAI (Cici Marlina Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Setelah pernyataannya menjadi kontroversi, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Sitti Hikmawatty, meminta maaf. Sitti mengaku salah atas ucapannya tentang 'wanita berenang bersama pria bisa hamil'.

"Iya. Bu Hikmah sampaikan (maaf) di group komisioner," kata Ketua KPAI Susanto saat dikonfirmasi, Minggu (23/2/2020).

Namun maaf saja nampaknya tak cukup. Di Twitter, netizen menggemakan dengan tagar #PecatSittiHikmawatty.

Komisi VIII yang merupakan mitra kerja KPAI pun merespon seruan netizen. Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily menuturkan aturan pemecatan berdasarkan undang-undang yang berlaku.

"Soal pemecatan tentu harus dikembalikan kepada aturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Ace kepada wartawan sore ini.

Ace kemudian mengungkapkan keprihatinannya terhadap wawasan Sitti. Sebagai komisioner KPAI, Ace menilai Sitti kurang pengetahuan.

"Saya sangat prihatin dengan pengetahuan seorang Komisioner KPAI yang menyebut 'hamil di kolam renang'. Pandangannya tidak mencerminkan seorang yang seharusnya mengetahui secara mendalam tentang alat-alat reproduksi," ucap Ace.

Menurut Ace pengetahuan soal kehamilan dan tumbuh kembang anak adalah hal sangat mendasar, yang harus dikuasai seseorang yang menjabat sebagai komisioner KPAI. Ace berharap pernyataan Sitti menjadi bahan evaluasi Presiden dalam proses memilih Komisioner KPAI kelak.

"Ini jadi pelajaran bagi Komisi VIII untuk lebih selektif lagi memilih Komisioner KPAI ke depan. Tidak boleh seorang Komisioner KPAI menyampaikan pengetahuan yang berasal dari sumber pengetahuan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty Minta Maaf Soal 'Kehamilan di Kolam Renang':

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4