Di Reuni Akbar, Sekjen MPR Ajak Alumni FH Unsoed Rawat Kebhinekaan

Angga Laraspati - detikNews
Minggu, 23 Feb 2020 23:13 WIB
MPR
Foto: MPR
Jakarta -

Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono mengajak alumni Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) untuk ikut merawat kebhinnekaan dan menjaga NKRI. Ini merupakan nilai-nilai keteladanan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

"Nilai-nilai keteladanan Panglima Besar Jenderal Soedirman adalah nilai-nilai jati diri bangsa yang tidak boleh hilang dari muka bumi Indonesia," kata Ma'ruf dalam keterangan tertulis, Minggu (23/2/2020).

"Untuk itu kita harus merawat dan membumikan nilai-nilai jati diri bangsa itu. NKRI adalah harga mati," imbuhnya.

Hal itu disampaikannya di depan sekitar 1.500 alumni FH Unsoed dalam gala dinner Reuni Akbar KAFH Unsoed di Java Heritage Hotel Purwokerto, Sabtu malam (22/2/2020). Ketua Umum Keluarga Alumni Fakultas Hukum (KAFH) FH Unsoed ini mengatakan reuni Akbar Alumni FH Unsoed ini merupakan salah satu perwujudan dari pesan Panglima Jenderal Soedirman tentang kebersamaan.

"Esensi dari reuni adalah silaturahim, saling bertemu, dan bertatap muka. Ini sesuai dengan pesan Panglima Jenderal Soedirman tentang kebersamaan. Visi misi sebagai Ketua Umum KAFH Unsoed adalah visi misi bersama semua alumni," ujar Ma'ruf.

"Impian kita adalah agar alumni FH Unsoed bermanfaat untuk alumni, untuk almamater, dan untuk masyarakat, bangsa, dan negara dalam rangka mendukung Tridharma perguruan tinggi," tambahnya.

Dalam kesempatan itu Ma'ruf juga menyebutkan reuni akbar ini merupakan momentum pertama sejak Fakultas Hukum Unsoed berdiri sejak tahun 1981.

"Belum pernah Fakultas Hukum Unsoed menyelenggarakan reuni akbar semeriah ini yang dihadiri ribuan orang. Peserta reuni dari berbagai daerah antusias mengikuti reuni akbar ini untuk merekatkan tali silaturahmi," ujarnya.

Pada kegiatan tersebut, diselenggarakan pula kegiatan bakti sosial dan fun game serta hiburan. Bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan gigi, dan pembagian sembako untuk warga masyarakat di sekitar kampus Unsoed.

"Bakti sosial ini dalam rangka pengabdian masyarakat. Sebagai alumni kita ingin berada dalam posisi mendukung Tridharma perguruan tinggi dan mendukung almamater dalam pengabdian kepada masyarakat," kata Ma'ruf.

Sebagai informasi, pada Munas KAFH Unsoed yang berlangsung pada Sabtu siang Sekretaris Jenderal MPR RI itu terpilih sebagai Ketua Umum KAFH Unsoed untuk periode 2020 - 2025. Reuni Akbar KAFH Unsoed ini diikuti 35 angkatan mulai dari angkatan 1981 sampai angkatan 2015 berlangsung selama dua hari 22 - 23 Pebruari 2020.

(akn/ega)